kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda bisa mengalami 5 penyebab radang tenggorokan ini


Senin, 28 Juni 2021 / 09:32 WIB
Anda bisa mengalami 5 penyebab radang tenggorokan ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang tenggorokan adalah kondisi di mana tenggorokan terasa tidak nyaman, gatal, dan sakit. Apalagi saat Anda menelan sesuatu. Untuk mengatasinya dengan cepat dan tepat, Anda perlu mengetahu faktor apa yang jadi penyebab radang tenggorokan.

Setiap orang bisa mengalami gejala radang tenggorokan yang berbeda-beda. Selain terasa sakit, radang tenggorokan dapat ditandai dengan gejala yang lain. Misalnya, kelenjar getah bening di sekitar leher dan rahang membengkak, muncul bercak putih di amandel, dan suara menjadi serak.

Tidak berhenti sampai di situ, radang tenggorokan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Mulai dari demam, batuk, hidung berair, sakit kepala, mual, muntah, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter supaya penyebab-penyebabnya bisa diatasi.

Virus

Mengutip Mayo Clinic (mayoclinic.org), infeksi virus bisa jadi penyebab radang tenggorokan. Selain itu, virus yang menyerang tubuh juga bisa memicu munculnya kondisi lain. Contohnya, flu, pilek, cacar air, campak, bahkan radang tenggorokan juga bisa jadi gejala Covid-19.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi radang tenggorokan, pakai bahan alami

Bakteri

Selain virus, bakteri juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Salah satu jenis bakteri yang sering menyebabkan masalah kesehatan itu adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Biasanya, masalah kesehatan itu akan diobati dengan antibiotik. Namun, tak menutup kemungkinan dokter memberikan perawatan lain.

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah suatu penyakit di mana katup antara kerongkongan dan lambung tak berfungsi dengan baik. Akibatnya, asam lambung bisa naik ke saluran pencernaan atas. Selain membuat perut tak nyaman, GERD juga bisa menyebabkan radang tenggorokan jika terus dibiarkan.

Baca Juga: Kenali penyebab dan cara mengatasi sakit leher

Alergi

Alergi juga bisa jadi penyebab radang tenggorokan, lo. Debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan jenis alergen lain dapat membuat tenggorokan terasa sakit. Selain itu, alergi juga ditandai dengan hidung berair, muncul rasa gatal di kulit, dan lain sebagainya.

Penyebab Lain

Mengonsumsi alkohol bisa jadi salah satu penyebab radang tenggorokan.

Mayo Clinic menyebutkan masih banyak faktor lain yang bisa membuat seseorang mengalami radang tenggorokan. Misalnya, asap rokok, mengonsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan pedas. Hal tersebut dapat membuat tenggorokan iritasi hingga akhirnya muncul rasa sakit.

Selanjutnya: Cara mengatasi radang tenggorokan, 4 bahan alami yang bisa dipakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×