Tips Sehat

4 Cara mengatasi radang tenggorokan, pakai bahan alami

Jumat, 25 Juni 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi radang tenggorokan, pakai bahan alami

ILUSTRASI. Minum cuka apel termasuk salah satu cara mengatasi radang tenggorokan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Nah, cara mengatasi radang tenggorokan pun beragam. Anda bisa minum obat yang disarankan dokter atau memanfaatkan bahan-bahan alami.

Jika Anda ingin memakai bahan alami, pastikan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya supaya tak ada efek samping yang tidak Anda inginkan terjadi. Berkonsultasi dengan dokter juga memudahkan Anda untuk memilih bahan alami mana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Usahakan untuk tetap memerhatikan kondisi Anda setelah mengonsumsi bahan-bahan alami dalam artikel ini. Bila muncul kondisi yang tidak nyaman, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter.

Cuka Apel

Medicinenet.com merekomendasikan cuka apel untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Alasannya karena zat asam yang terkandung dalam cuka apel efektif melawan infeksi bakteri. Tak hanya itu, cuka apel juga mampu melindungi tenggorokan dan membersihkan lendir yang mengganggu.

Caranya, campur 1 sdt cuka apel dalam 8 ons air lalu gunakan untuk berkumur. Selain itu, mencampur 1 sdm cuka apel dan 1 sdm madu dalam teh herbal yang Anda konsumsi juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Kenali penyebab dan cara mengatasi sakit leher

Madu

Salah satu cara mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengonsumsi madu.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan adalah madu. Sama seperti cuka apel, madu mampu melawan infeksi bakteri karena mengandung antibakteri. Meski mudah dicoba, sebaiknya jangan berikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena bisa memicu alergi.

Bawang Putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan? Antiseptik yang terdapat dalam bawang putih mampu menyembuhkan tenggorokan yang terinfeksi bakteri.

Selain itu, allicin yang terdapat dalam bawang putih juga bermanfaat sebagai antijamur dan antivirus. Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih mentah secara langsung. Untuk memudahkan, Anda juga bisa mencincang bawang putih lalu mencampurnya dengan sedikit madu atau minyak zaitun.

Baca Juga: 5 Obat amandel, bisa pakai bahan-bahan alami

Minum Air Hangat

Mengutip dari Medicinenet.com, minum air hangat bisa jadi salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan. Minum air hangat bisa mengencerkan lendir sehingga penyumbatan dan radang tenggorokan bisa teratasi dengan lebih cepat.

Tidak berhenti sampai di situ, minum air hangat juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga cocok dikonsumsi saat sakit. Cobalah untuk mencampur teh kamomil dengan air perasan lemon dan madu agar rasanya lebih lezat.

Selanjutnya: Kasus melonjak, ini cara bedakan gejala Covid-19 dengan radang tenggorokan biasa

Editor: Belladina Biananda
Terbaru