Tips Sehat

5 Obat herbal radang tenggorokan yang perlu dicoba

Kamis, 10 Juni 2021 | 12:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat herbal radang tenggorokan yang perlu dicoba

ILUSTRASI. Obat herbal radang tenggorokan perlu Anda konsumsi supaya kesehatan tubuh terjaga.


KONTAN.CO.ID - Obat herbal radang tenggorokan adalah salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengobati masalah kesehatan yang Anda alami.

Dengan pemakaian rutin, radang tenggorokan bisa hilang dengan lebih cepat sehingga kondisi kesehatan tak memburuk.

Radang tenggorokan terjadi karena berbagai macam hal. Mulai dari infeksi virus atau bakteri, asam lambung naik, hingga asap rokok.

Selain menyebabkan sakit tenggorokan, biasanya faktor-faktor itu menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti demam, batuk, nyeri otot.

Hanya, jika bahan-bahan alami berikut ini tak mampu menyembuhkan radang tenggorokan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Apalagi, jika radang tenggorokan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kunyit

Laman Ent and Allergy menyebutkan, kunyit bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Efek tersebut berasal dari banyaknya antiinflamasi yang terdapat dalam kunyit.

Selain menyembuhkan radang tenggorokan, mengonsumsi kunyit pun efektif mencegah infeksi penyakit lain.

Baca Juga: Waspadai 7 penyebab sakit saat menelan

Air garam

Air garam termasuk salah satu obat herbal radang tenggorokan yang sering digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya menyembuhkan peradangan, air garam juga mampu membersihkan benda asing yang menyebabkan tenggorokan iritasi.

Madu

Madu jadi obat herbal radang tenggorokan berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Bahan alami itu memiliki banyak antibakteri yang mampu melapisi tenggorokan sehingga iritasi akibat radang dapat berkurang.

Anda hanya perlu minum segelas air hangat atau teh yang dicampur dengan 1 sdm madu. Namun, Anda perlu berhati-hati karena madu bisa bersifat asam.

Jadi, jika Anda memiliki masalah asam lambung, ada baiknya untuk mengonsumsi obat herbal radang tenggorokan yang lain.

Baca Juga: Inilah macam-macam jamu tradisional Indonesia dan manfaatnya bagi kesehatan

Minum air dingin

Selain mengonsumsi obat herbal radang tenggorokan, minum air dingin juga bisa dijadikan pilihan.

Mengutip dari Ent and Allergy, radang tenggorokan dapat teratasi dengan minum air dingin. Air dingin efektif membuat tenggorokan mati rasa dan mengurangi peradangan. Dengan begitu, rasa sakit dapat berkurang.

Konsumsi es krim

Selain minum air dingin, mengonsumsi es krim juga bisa dijadikan pilihan mengobati radang tenggorokan.

Supaya efeknya bisa maksimal, usahakan untuk tidak mengonsumsi es krim dengan rasa asam karena rasa tersebut dapat memperparah radang tenggorokan yang sedang Anda alami.

Selanjutnya: 7 Bahan alami yang bermanfaat mengobati rematik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru