kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Masker alami untuk kulit berminyak yang mudah dibuat


Kamis, 12 November 2020 / 08:24 WIB
4 Masker alami untuk kulit berminyak yang mudah dibuat
ILUSTRASI. Masker alami untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat bisa dibuat dari beberapa bahan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit berminyak merupakan salah satu tipe kulit yang mengalami cukup banyak masalah. Mulai dari jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu. Salah satunya adalah dengan memakai masker alami untuk kulit berminyak.

Madu dan Lemon

Masker alami untuk kulit berminyak pertama yang bisa Anda buat adalah yang terbuat dari madu dan lemon. Kedua bahan tersebut berperan sebagai antimikroba dan astringen alami sehingga pori-pori kulit bisa mengecil.

Caranya, campurkan 1 sdm madu dan ½ sdt air lemon yang sudah dicampur air. Setelah teraduk rata, gunakan pada wajah secara menyeluruh. Selanjutnya, diamkan masker selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan masker ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Lidah Buaya dan Kunyit

Stylecraze (stylecraze.com) merekomendasikan masker yang terbuat dari lidah buaya dan kunyit untuk mengatasi minyak berlebih di wajah Anda. Lidah buaya dan kunyit memiliki kandungan antiinflamasi sehingga mampu mengobati jerawat dan menyehatkan kulit.

Baca Juga: 3 Manfaat masker green tea terbaik plus cara membuatnya

Pertama, campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan ½ sdt kunyit. Setelah itu, aplikasikan masker pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Kunyit dan Madu

Masker alami untuk kulit berminyak selanjutnya yang patut untuk Anda coba terbuat dari kunyit dan madu. Sama seperti resep masker sebelumnya, kunyit dan madu memiliki kandungan antiinflamasi. Kedua bahan tersebut juga mengandung antibakteri yang berguna untuk kesehatan kulit.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Campurkan 1 sdm madu dengan ½ sdt bubuk kunyit. Aduk bahan tersebut hingga berbentuk pasta lalu gunakan pada seluruh area wajah. Diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Gunakan masker itu tiga kali seminggu.

Baca Juga: 4 Manfaat masker pisang plus cara membuatnya

Oatmeal dan Madu

Masker alami untuk kulit berminyak bisa dibuat dari oatmeal dan madu.

Selain dikombinasikan dengan kunyit dan lidah buaya, madu juga bisa dicampur dengan oatmeal untuk menjaga kesehatan kulit berminyak. Selain mengandung antiinflamasi, oatmeal juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam masalah kulit.

Pertama, campurkan 1 sdm oatmeal yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm madu. Anda bisa menambahkan 1 sdm air, air mawar, atau susu, agar masker bisa teraduk dengan sempurna. Setelah masker jadi, gunakan pada seluruh area wajah dan leher.

Anda perlu mendiamkan masker pada wajah selama 15 hingga 20 menit lalu membilasnya dengan air hangat. Masker alami untuk kulit berminyak itu bisa Anda gunakan sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Selanjutnya: Manfaat masker lemon plus cara membuatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×