kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat masker pisang plus cara membuatnya


Senin, 02 November 2020 / 08:40 WIB
4 Manfaat masker pisang plus cara membuatnya
ILUSTRASI. Manfaat masker pisang bisa berdampak pada kesehatan kulit.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pisang adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak serat. Hal itu menyebabkan jenis buah ini cocok digunakan untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, pisang yang diolah menjadi masker mampu meningkatkan kesehatan kulit. Berikut ini manfaat masker pisang yang bisa Anda dapatkan.

Menyamarkan Kerutan

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin akan mendapati kerutan di wajah. Hal itu disebabkan karena jumlah kolagen yang tak lagi banyak sehingga kekencangan kulit juga berkurang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masalah itu bisa diatasi dengan masker yang terbuat dari pisang.

Mengutip dari Healhtline (healthline.com), pisang memiliki kandungan silika yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan bertambahnya jumlah kolagen, kulit menjadi lembut dan terhidrasi dengan baik sehingga kerutan bisa tersamarkan.

Mencerahkan Kulit

Tak hanya mengandung banyak silika, pisang juga kaya akan antioksidan. Dengan memakai masker pisang, radikal bebas di kulit bisa hilang. Dengan begitu, kulit Anda akan terlihat lebih cerah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: Ingin miliki wajah cerah? Coba 4 masker alpukat ini, yuk

Mengobati Jerawat

Mengutip dari Healthline, pisang adalah buah yang mengandung vitamin A dan fenolik. Kedua kandungan itu mampu mengurangi peradangan di kulit akibat munculnya jerawat. Selain itu, vitamin C dalam pisang juga berpengaruh untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat.

Mengatasi Kulit Kering

Apakah Anda memiliki tipe kulit kering? Jika iya, hal tersebut bisa Anda atasi dengan memakai pisang sebagai masker wajah. Hal tersebut disebabkan karena adanya vitamin B6 dan potasium. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak agar hal itu bisa terbukti.

Cara Membuat Masker Pisang

Manfaat pisang akan semakin maksimal jika Anda membuat masker bersama dengan bahan alami lainnya. Misalnya, mencampur pisang dengan yogurt untuk melembutkan kulit, mengkombinasikan pisang dengan madu untuk kulit kering atau berminyak, dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat masker pisang dengan bahan tambahan lainnya dengan mudah. Pertama, campurkan semua bahan dalam satu wadah lalu aduk merata hingga berbentuk pasta kental. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada wajah yang sudah dibersihkan.

Baca Juga: Manfaat masker pepaya beserta cara membuatnya

Diamkan masker terlebih dahulu selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Selanjutnya, aplikasikan pelembab kulit yang biasa Anda gunakan. Anda bisa mencoba masker yang terbuat dari pisang dan bahan alami lain sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati jika ingin menggunakan pisang sebagai masker. Masker wajah alami ini bisa mengakibatkan alergi. Jika kulit terasa gatal, bengkak, dan berwarna merah, Anda perlu menghentikan penggunaan. Jika ada gejala lain yang lebih parah, segera periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Tertarik dengan cara memutihkan kulit? Pakai 4 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×