kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat tomat untuk wajah, bisa jadi pelembab wajah


Rabu, 17 Februari 2021 / 08:59 WIB
4 Manfaat tomat untuk wajah, bisa jadi pelembab wajah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat tomat untuk wajah yang bisa Anda dapat. Bahan alami tersebut mampu mencerahkan kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan meremajakan kulit Anda.

Alasannya karena berbagai macam kandungan yang ada dalam tomat. Healthline (healthline.com) mengatakan, tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin A, betakaroten, kalium, magnesium, dan antioksidan lain yang melindungi kulit Anda dari berbagai macam masalah.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati jika ingin menggunakan tomat karena bisa memicu reaksi alergi. Untuk menghindari munculnya kemerahan dan kulit yang terasa gatal, Anda bisa mencoba tomat di satu bagian kulit terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi, berarti tomat cukup aman untuk Anda pakai.

Membersihkan Sel Kulit Mati

Umumnya, masalah kulit terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat kotoran dan sel kulit mati. Maka dari itu, membersihkan sel kulit mati atau eksfoliasi perlu Anda lakukan secara rutin. Hal itu bisa Anda coba dengan memanfaatkan tomat.

Tomat mengandung pektin dan flavonoid yang berguna untuk membersihkan pori-pori. Selain membersihkan kulit mati, bahan alami tersebut juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga wajah akan lebih halu dan lembut.

Baca Juga: Mudah dicoba, inilah 4 cara membuat masker wajah alami

Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan memang lebih mudah terlihat. Namun, kemunculan tanda penuaan bisa Anda cegah dengan tomat, lo. Mengutip dari Healthline, likopen dan vitamin C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang merusak sel sehingga tanda penuaan pun bisa dicegah.

Pelembab Wajah

Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah melembabkan kulit.

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya berguna untuk melembabkan kulit. Seperti yang telah dikatakan, tomat mengandung banyak kalium sehingga bisa mengatasi kulit yang kekurangan mineral tersebut, apalagi bagi Anda yang menderita eksim.

Baca Juga: 4 Pilihan moisturizer untuk remaja dari bahan alami

Mengatasi Efek Sinar Matahari

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah kulit adalah paparan sinar matahari berlebih. Namun, hal itu bisa dicegah dengan manfaat tomat untuk wajah. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi tomat mengalami penurunan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal tersebut. Supaya kulit benar-benar terlindungi dari sinar matahari, usahakan untuk memakai sunblock, baju dan celana panjang, serta perlindungan lain yang bisa menghindarkan Anda dari efek sinar matahari.

Selanjutnya: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×