4 Manfaat jahe, bisa mengontrol gula darah dalam tubuh

Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat jahe, bisa mengontrol gula darah dalam tubuh

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda bahwa jahe tak hanya berfungsi untuk meningkatkan cita rasa makanan? Manfaat jahe juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Melansir Chopra, jahe biasa dipakai untuk meredakan rasa mual. Entah rasa mual saat hamil, mual karena menggunakan moda transportasi, atau rasa mual karena faktor yang lain.

Cobalah untuk mengonsumsi jenis rempah itu tiap kali merasa mual. Tidak hanya mengurangi rasa mual, mengonsumsi jahe juga mendatangkan manfaat lain untuk kesehatan tubuh Anda.

Supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya, untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.

Mengontrol jumlah gula darah

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung mengganti obat diabetes yang biasa Anda minum dengan jahe, ya.

Anda tetap perlu mendiskusikannya dulu dengan dokter agar kondisi tubuh Anda tetap sehat.

Baca Juga: Suka mengonsumsi jahe? Ini efek samping jahe untuk kesehatan

Menurunkan jumlah kolesterol

Manfaat jahe berikutnya yang bisa Anda dapat adalah jenis rempah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Saat jumlah kolesterol berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga risiko stroke atau penyakit jantung dapat turun.

Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi jahe dapat pula menurunkan tekanan darah. Mengutip dari Chopra, kandungan dalam jahe efektif melebarkan ukuran pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan tidak mengalami banyak gangguan.

Tak hanya itu, Anda bisa mendapat 415 mg kalium dengan mengonsumsi 100 g jahe. Jumlah tersebut bisa jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah yang efektif.

Cobalah untuk memasukkan jahe dalam menu makan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Cukup minum teh akar manis, kolesterol tinggi ambruk

Meredakan nyeri haid

Salah satu manfaat jahe adalah meredakan nyeri haid.

Nyeri haid adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak wanita tiap bulan. Sebenarnya, Anda bisa meredakan nyeri haid dengan obat yang dijual di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami, misalnya, jahe.

Untuk mendapat manfaat jahe tersebut, cobalah untuk mengonsumsi jahe saat siklus menstruai akan berlangsung. Anda bisa minum air rebusan jahe atau mencampurnya dengan hidangan yang Anda konsumsi.

Selanjutnya: Dari bahan alami, ini 4 rekomendasi obat nyeri otot

Editor: Belladina Biananda
Terbaru