kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat buah anggur terbaik yang bisa Anda rasakan


Jumat, 27 November 2020 / 10:36 WIB
4 Manfaat buah anggur terbaik yang bisa Anda rasakan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggur mengandung banyak antioksidan dan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Buah ini bisa Anda dapati dalam beberapa warna, seperti anggur merah, anggur hitam, anggur hijau, dan lain-lain. Berikut ini manfaat buah anggur yang bisa Anda dapatkan.

Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan dalam anggur berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada lebih dari 1.600 jenis antioksidan yang bisa ditemukan dalam jenis buah tersebut.

Bagian buah anggur yang mengandung antioksidan paling banyak adalah kulit dan bijinya. Sedangkan tipe buah anggur dengan jumlah antioksidan lebih tinggi adalah anggur merah karena adanya anthocyanin.

Meski sudah difermentasi, antioksidan dalam anggur merah tidak hilang. Salah satu jenis antioksidan dalam anggur yang bernama resveratrol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan gula darah serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Catat, inilah 4 manfaat buah pir untuk kesehatan Anda

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat buah anggur lainnya cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, cobalah untuk makan anggur secara rutin agar tekanan darah dan kolesterol bisa lebih stabil.

Saat tubuh kekurangan potasium, risiko tekanan darah meningkat akan bertambah. Dalam 151 g anggur, Anda bisa mendapat 288 mg potaisum. Jumlah tersebut mampu mengontrol tekanan darah Anda dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah anggur juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Melansir Healthline, buah anggur mengandung zat kimia yang mampu mencegah infeksi penyakit mata.

Tikus percobaan yang dibersi suplemen anggur menunjukkan tanda-tanda kerusakan retina yang lebih sedikit daripada tikus percobaan yang tak diberi anggur secara rutin. Tak hanya itu, resveratrol dalam anggur juga berguna untuk mencegah glaukoma dan katarak.

Baca Juga: 4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

Menyehatkan Tulang

Salah satu manfaat buah anggur adalah menyehatkan tulang Anda.

Manfaat buah anggur selanjutnya berguna untuk kesehatan tulang Anda. Dalam anggur, Anda bisa mendapatkan mineral yang bermanfaat untuk tulang. Mulai dari kalsium, magnesium, potasium, fosfor, dan vitamin K.

Sebuahpenelitian yang dilakukan pada tikus percobaan menunjukkan bahwa resveratrol mampu meningkatkan kepadatan tulang. Namun, penelitian manfaat anggur pada tulang manusia masih belum banyak dilakukan sehingga hasil tersebut belum bisa dibuktikan secara pasti.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, termasuk mencegah penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×