4 Hal ini jadi alasan kenapa nyeri tumit Anda rasakan

Rabu, 25 November 2020 | 12:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Hal ini jadi alasan kenapa nyeri tumit Anda rasakan

ILUSTRASI. Nyeri tumit bisa disebabkan oleh beberapa hal. /Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri tumit merupakan salah satu kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Awalnya, Anda tak merasakan sakit yang terlalu parah. Namun, seiring berjalannya waktu, rasa nyeri semakin kuat sehingga Anda membutuhkan perawatan yang lebih serius.

Penyebab Nyeri Tumit

Medical News Today (medicalnewstoday.com) menyebutkan bahwa rasa nyeri di bagian tumit biasanya tak ditimbulkan oleh satu kecelakaan. Rasa sakit justru muncul karena entakan atau stres yang berulang kali dirasakan tumit. Berikut ini beberapa penyebab yang perlu Anda perhatikan.

  • Plantar Fasciitis

Plantar fascia merupakan struktur otot mirip ligamen yang membentang dari tumit hingga kaki bagian depan. Saat kondisinya terlalu meregang, jaringan serat plantar fascia akan meradang sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Kondisi itulah yang disebut sebagai plantar fasciitis. Biasanya, rasa sakit terasa di bawah tumit, tapi dalam beberapa kasus, nyeri terasa di bagian tengah kaki. Betis Anda juga bisa kram, apalagi jika tendon achilles menegang.

Baca Juga: Awas, mager bikin sakit di kaki

  • Heel Bursitis

Bursa adalah kantung di bagian tumit yang berisi cairan. Tekanan yang terlalu kuat pada bagian tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri. Heel bursitis juga bisa menyebabkan tendon achilles membengkak sehingga nyeri yang Anda rasakan bisa semakin parah seiring berjalannya waktu.

  • Stres Fracture

Seperti yang telah dikatakan, tekanan atau stres yang berulang dapat menimbulkan rasa nyeri di tumit. Medical News Today mengatakan, beberapa hal yang memicu kondisi tersebut adalah latihan, olahraga, dan kerja manual yang berat. Selain itu, osteoporosis juga bisa menyebabkan hal yang sama.

  • Osteomyelitis

Osteomyelitis merupakan infeksi tulang yang menyebabkan peradangan. Infeksi bisa terjadi setelah seseorang mengalami kecelakaan atau operasi. Tak hanya itu, infeksi juga bisa berasal dari aliran darah. Selain menimbulkan nyeri, osteomyelitis juga menyebabkan demam dan kejang otot.

Baca Juga: Ini penyebab betis kram di malam hari

Gejala Nyeri Tumit

Umumnya, tumit yang sakit tak menimbulkan gejala yang terlalu nampak. Namun, saat bagian tumit ada yang robek, Anda akan menyadarinya karena rasa sakit langsung muncul. Rasa sakit akan dimulai dari kaki bagian bawah kemudian menjalar ke kaki bagian depan.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika ada gejala lain yang mengganggu aktivitas Anda. Misalnya, demam, kesemutan, kesulitan untuk berjalan dan menekuk kaki, serta rasa sakit yang tidak hilang lebih dari satu minggu.

Selanjutnya: Kondisi kaki cerminkan ancaman penyakit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru