4 Faktor penyebab sariawan yang perlu Anda waspadai

Kamis, 08 Juli 2021 | 15:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Faktor penyebab sariawan yang perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab sariawan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Supaya masalah kesehatan mulut itu tak Anda alami terus-menerus, sebaiknya waspadai penyebab sariawan. Mengetahui penyebabnya juga bisa membantu Anda menentukan perawatan yang tepat.

Melansir Dentistry IQ (dentistryiq.com), Anda lebih rentan mengalami seriawan saat tubuh kekurangan nutrisi tertentu. Misalnya, zat besi, asam folat, zinc, dan lain-lain. Tubuh yang kekurangan kalsiunm juga bisa memperparah seriawan yang Anda alami.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu adalah dengan mengatur menu makan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Selain tubuh kekurangan nutrisi tertentu, masih banyak penyebab lain yang dapat memicu kemunculan seriawan.

Sistem Imun

Faktor penyebab sariawan lainnya adalah sistem imun tubuh yang rendah atau kurang kuat. Saat sistem imun tubuh rendah, tubuh akan mengalami kesulitan untuk mengobati luka. Itulah mengapa seriawan Anda alami dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Rekomendasi 6 obat sariawan anak yang mudah didapat

Luka

Seriawan bisa terbentuk saat bagian dalam mulut terluka. Entah karena Anda menyikat gigi terlalu kasar, penggunaan kawat gigi atau perawatan gigi yang lain, mengonsumsi makanan tertentu, dan lain sebagainya.

Beberapa faktor itu dapat melukai jaringan dalam mulut sehingga inflamasi atau peradangan pun terjadi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu berhati-hati. Jika seriawan terus terjadi saat Anda menggunakan alar perawatan gigi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

Buah dan Sayur

Beberapa jenis buah dan sayur bisa jadi penyebab sariawan.

Mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayur juga bisa jadi penyebab sariawan, lo. Buah sitrus dengan kandungan asam tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut itu. Cobalah untuk menghindari beberapa jenis buah atau sayur dengan kandungan asam tinggi saat Anda mengalami seriawan.

Baca Juga: 4 Obat sariawan ini terbuat dari bahan alami, apa saja?

Kekurangan Vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin juga bisa menimbulkan seriawan, lo. Dentistry IQ menyebutkan bahwa biasanya seriawan sering terjadi pada tubuh yang kekurangan vitamin B12, apalagi pada tubuh anak-anak.

Karena masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, anak-anak selalu membutuhkan vitamin B12. Maka dari itu, anak-anak perlu mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin B12. Selain itu, mengonsumsi suplemen vitamin juga bisa dijadikan pilihan.

Selanjutnya: Baik untuk penderita sariawan, ini manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru