4 Obat sariawan ini terbuat dari bahan alami, apa saja?

Senin, 17 Mei 2021 | 12:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat sariawan ini terbuat dari bahan alami, apa saja?

ILUSTRASI. Air garam bisa Anda manfaatkan sebagai obat sariawan.

KONTAN.CO.ID - Sariawan adalah kondisi di mana gusi, lidah, atau dinding mulut bagian dalam terluka. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak obat sariawan yang bisa Anda coba.

Penyebab sariawan beragam, mulai dari tergigit hingga tubuh kekurangan vitamin C.  Awalnya, seriawan memiliki ukuran yang kecil.

Seiring berjalannya waktu, luka tersebut akan membesar dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Anda mungkin akan kesulitan untuk minum, makan, mengunyah, atau berbicara.

Selain menggunakan obat yang dijual di pasaran, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami.

Namun, jika seriawan tak kunjung sembuh dengan bahan-bahan ini, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi seriawan muncul akibat masalah lain yang parah.

Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mengatasi sariawan yang cukup sering digunakan oleh banyak orang. Kandungan dalam garam akan mengurangi jumlah air di sekitar seriawan sehingga penyakit itu bisa sembuh dengan lebih cepat.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, campur sejumput garam dalam segelas air.

Gunakan air campuran itu untuk berkumur selama minimal 30 detik. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya seriawan sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa dijadikan obat sariawan anak

Teh

Mengutip dari Reader’s Digest Canada, teh bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Kandungan alkalin dalam teh mampu mentralkan zat asam yang menyebabkan iritasi dan seriawan.

Tak hanya itu, kandungan dalam teh juga efektif mengurangi rasa sakit akibat seriawan.

Pertama-tama, rendam teh terlebih dahulu. Setelah kantung teh basah secara menyeluruh, tempelkan kantung teh tersebut pada sariawan selama lima menit. Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari sampai seriawan hilang.

Lidah buaya

Anda bisa mengalami sariawan di lidah. Nah, salah satu obat sariawan di lidah yang bisa Anda gunakan adalah lidah buaya. Selain mengurangi rasa sakit, lidah buaya juga mampu mempercepat proses penyembuhan.

Anda perlu mengeringkan sariawan menggunakan kapas terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan gel lidah buaya pada seriawan.

Supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal, cobalah untuk mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Obat sariawan dari bahan alami, bisa Anda coba

Baking soda

Salah satu manfaat baking soda adalah digunakan sebagai obat sariawan.

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai obat sariawan adalah baking soda. Reader’s Digest Canada menyebutkan, alkalin dapat mentralkan zat asam yang menyebabkan seriawan. Tidak hanya itu, baking soda juga mampu melawan bakteri.

Cara yang perlu Anda lakukan sama mudahnya dengan cara-cara sebelumnya. Pertama-tama, campur 1 sdt baking soda dalam setengah gelas air. Gunakan campuran itu untuk berkumur sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Selanjutnya: 5 Makanan yang jadi penyebab sariawan, catat!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru