Rekomendasi 6 obat sariawan anak yang mudah didapat

Senin, 24 Mei 2021 | 11:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rekomendasi 6 obat sariawan anak yang mudah didapat

ILUSTRASI. Lidah buaya bisa Anda manfaatkan sebagai obat sariawan anak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami seriawan. Alih-alih menggunakan obat yang dijual di apotek, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami sebagai obat sariawan anak.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab sariawan. Mulai dari bagian dalam mulut yang tidak sengaja tergigit, tubuh kekurangan nutrisi tertentu, alergi, infeksi virus, atau sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Kemunculan seriawan mengakibatkan anak-anak kesulitan untuk makan, minum, atau berbicara. Jika terlambat ditangani, seriawan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan berikut.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang efektif dijadikan obat sariawan anak. Mengutip dari Being The Parent (beingtheparent.com), Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya secara langsung pada seriawan.

Baca Juga: Bisa jadi obat sariawan anak, gunakan 4 bahan alami ini

Air Kelapa atau Minyak Kelapa

Seriawan juga bisa diobati dengan air kelapa atau minyak kelapa, lo. Anda bisa meminta anak untuk minum air kelapa sampai seriawan sembuh. Selain itu, mengaplikasikan minyak kelapa secara langsung pada seriawan juga bisa dijadikan pilihan.

Garam

Air garam jadi salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan seriawan. Bahan alami itu mampu meredakan rasa sakit. Bahkan untuk seriawan yang muncul di bagian mulut yang sulit dijangkau. Campur sedikit garam dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Madu

Being The Parent merekomendasikan madu untuk menyembuhkan seriawan anak-anak. Namun, gunakan Madu sebaiknya digunakan untuk menyembuhkan seriawan anak berusia di atas 12 bulan. Tujuannya untuk menghindari risiko munculnya reaksi alergi.

Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada seriawan secara langsung. Antimikroba yang terkandung dalam madu mampu menyembuhkan seriawan dengan lebih cepat sehingga kesehatan anak bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Wow! Ini 4 manfaat berkumur air garam untuk kesehatan mulut dan tenggorokan

Es Krim

Kebanyakan anak-anak suka mengonsumsi es krim, kan? Nah, Anda bisa menggunakan es krim sebagai obat sariawan anak. Efek dingin yang keluar dari es krim dapat membuat area sekitar seriawan mati rasa sehingga rasa sakit pun dapat berkurang.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan anak.

Jika Anda mencari obat sariawan dari bahan alami, cobalah untuk memanfaatkan kunyit. Bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri sehingga bisa menyembuhkan seriawan secara optimal.

Selanjutnya: 4 Obat sariawan ini terbuat dari bahan alami, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru