4 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Anda Waspadai, Simak!

Selasa, 27 September 2022 | 11:28 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Perlu Anda Waspadai, Simak!

ILUSTRASI. kanker serviks


KONTAN.CO.ID - Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit ganas yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Biasanya, ciri-ciri kanker serviks sulit untuk dideteksi dan kerap tak disadari. Untuk itu, ada beberapa ciri-ciri kanker serviks yang perlu untuk Anda ketahui.

Kanker serviks umumnya tumbuh secara perlahan dan menunjukkan gejala ketika kondisi kanker sudah memasukki stadium lanjut. Oleh sebab itu, mengetahui ciri-ciri kanker serviks adalah hal yang penting untuk diperhatikan supaya Anda bisa segera melakukan penanangan.

Kanker serviks adalah jenis kanker yang biasanya dialami seorang wanita. Pasalnya, serviks adalah leher rahim yang terhubung ke vagina. Serviks berfungsi untuk memproduksi lendir yang dapat membantu melancarkan sperma saat berhubungan seksual. Selain itu, serviks juga berfungsi untuk melindungi rahim.

Baca Juga: Simak 6 Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang berisiko sebagai kanker serviks, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. 

Melansir dari Cancer Research UK, berikut ciri-ciri kanker serviks yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Pendarahan

Bagi seorang wanita mungkin darah yang keluar dari vagina adalah hal yang wajar, apalagi saat masa menstruasi. Namun, sebaliknya hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri kanker serviks. Jika pendarahan yang keluar vagina diluar masa menstruasi atau setelah Anda berhubungan seksual.

Meski demikian, tidak semua pendarahan dari vagina juga merupakan ciri kanker serviks. Pendarahan juga bisa dipengaruhi oleh pil, kehamilan dan lain-lain.

Baca Juga: Selain Enak, Kenali 8 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

2. Sakit Saat Berhubungan Seksual

Ciri-ciri kanker serviks selanjutnya yaitu muncul rasa sakit saat berhubungan seksual. Dalam istilah medis, munculnya rasa sakit saat berhubungan seksual disebut dispareunia. Oleh sebab itu, jika muncul rasa sakit secara tiba-tiba saat berhubungan seks, Anda perlu sedikit waspada.

3. Keputihan Bau

Keputihan juga adalah salah satu hal yang cukup wajar dialami seorang wanita. Namun, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, dilansir dari Cancer Research UK keputihan yang berbau tidak sedap juga merupakan salah satu ciri kanker serviks yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Simak 6 Tips Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh Bikin Ketek Wangi

4. Sakit Selangkangan

Ciri-ciri kanker serviks yang paling umumnya terjadi adalah selangkangan terasa sakit. Apalagi jika sakit selakangan berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. Jika kondisi semakin parah, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya rasa sakit di selangkangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru