kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,78   -29,95   -3.11%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai


Selasa, 27 September 2022 / 09:52 WIB
Simak 6 Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Batu ginjal


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Batu ginjal adalah salah penyakit berbahaya yang berkaitan dengan ginjal dan saluran urine. Agar lebih waspada, ada beberapa ciri-ciri penyakit batu ginjal yang penting untuk Anda ketahui.

Penyakit batu ginjal umumnya terjadi karena adanya penumpukkan mineral yang mengeras. Hal tersebut kerap membuat salura urine terhambat dan menimbulkan rasa sakit. 

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal biasanya tergantung pads ukuran batu ginjal. Pasalnya, setiap penyakit batu ginjal mengeras dengan ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Crystal Palace vs Chelsea Pekan 9 tayang 1 Oktober

Selain menimbulkan rasa sakit, ada banyak gejala batu ginjal yang mungkin akan dialami. Oleh sebab itu, sebelumnya penyakit batu ginjal memburuk sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter.

Lantas apa saja ciri-ciri penyakit batu ginjal?

Melansir dari Healthline, berikut ada ciri-ciri penyakit batu ginjal yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Sensasi Terbakar

Salah satu ciri penyakit batu ginjal yang cukup sering dialami adalah munculnya sensasi terbakar saat buang air kecil.

Jika Anda mengalami sensasi terbakar saat buang air kecil, Anda perlu sedikit waspada. Pasalnya, kebanyakan orang mengira hal tersebut merupakan infeksi saluran urine, padahal bisa saja merupakan ciri penyakit batu ginjal.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 11 Ada Laga Barito Putera vs PSM Makassar

2. Kencing Berdarah

Selain munculnya sensasi terbakar, ciri penyakit batu ginjal lainnya bisa ditandai dengan air kencing Anda yang berdarah. Kondisi tersebut dalam dunia medis dikenal dengan istilah hematuria. Selain kencing berdarah, warna air kencing juga cenderung berubah menjadi merah, hingga cokelat.

3. Sering Kencing

Ciri-ciri penyakit batu ginjal selanjutnya frekuensi kencing menjadi semakin meningkat. Mungkin hal tersebut terlihat wajar. Namun, Anda tetap perlu waspada jika frekuensi kencing meningkat secara ekstrem.

Baca Juga: Selain Enak, Kenali 8 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

4. Air Kencing Bau

Air kencing berbau juga merupakan ciri-ciri penyakit batu ginjal yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut dikarenakan saluran urine terinfeksi dan tersumbat akibat batu ginjal. Sehingga menimbulkan air kencing yang relatif lebih bau dari biasanya. 

5. Mual

Penyakit ginjal juga menyebabkan penderitanya kerap kali merasa mual hinggal muntah. Pasalnya, ginjal dan saluran pencernaan mempunyai sistem saraf yang sama. Oleh sebab itu, penyakit batu ginjal dapat memicu penderitanya merasakan mual hingga muntah.

Baca Juga: Simak 6 Tips Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh Bikin Ketek Wangi

6. Demam

Ciri-ciri penyakit ginjal yang tak boleh terlewatkan adalah demam. Umumnya, penyakit batu ginjal juga memicu demam yang relatif tinggi hingga kerap menggigil. Segeralah pergi ke dokter untuk segera melakukan penanganan, sebelumnya penyakit batu ginjal memicu gangguan kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×