Kesehatan Umum

4 Cara mengobati sakit gigi mudah, bisa dilakukan di rumah

Jumat, 23 Oktober 2020 | 08:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengobati sakit gigi mudah, bisa dilakukan di rumah

ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi yang terasa sakit sering kali membuat aktivitas seseorang menjadi terganggu. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal. Mulai dari infeksi, gigi yang membusuk, dan lain-lain. Cara mengobati sakit gigi berikut ini patut dicoba untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan.

Air Garam

Berkumur menggunakan air garam merupakan cara mengobati sakit gigi pertama yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), air garam mampu membersihkan sisa kotoran yang tersangkut di sela gigi dan mengurangi pembengkakan.

Tak hanya itu, air garam juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit tenggorokan. Anda bisa membuat air garam dengan mencamur 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur selama 30 detik. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

Bawang Putih

Tak hanya berfungsi untuk menyedapkan rasa makanan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi. Hal itu disebabkan oleh allicin, senyawa dalam bawang putih yang berperan sebagai antibakteri.

Baca Juga: Daun kayu putih bermanfaat sebagai obat sakit gigi

Pertama, remukkan sebutir bawang putih lalu tambahkan air garam. Gunakan campuran itu pada gigi Anda yang bermasalah. Cara ini berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Cengkih

Cara mengobati sakit gigi bisa menggunakan cengkih.

Cara mengobati sakit gigi bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan cengkih. Medical News Today mengatakan, jenis rempah ini mengandung senyawa kimia yang bernama eugenol. Senyawa tersebut berperan sebagai obat bius alami.

Selain itu, cengkih juga mengandung antiinflamasi dan antibakteri sehingga membantu Anda melawan gigi dan gusi yang terinfeksi. Ada dua cara penggunaan cengkih yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan minyak cengkih dan cengkih kering.

Jika ingin memakai minyak cengkih, celupkan kapas pada minyak lalu aplikasikan pada daerah gigi yang bermasalah. Bila Anda ingin menggunakan cengkih kering, kunyah seluruh bagian cengkih agar minyak alaminya keluar. Setelah itu, letakkan cengkih pada gigi yang sakit selama 30 menit.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi gigi ngilu yang efektif dari bahan alami

Hidrogen Peroksida

Selain berkumur dengan air garam, sakit gigi juga bisa diatasi dengan berkumur menggunakan hidrogen peroksida. Kandungan antibakteri dalam hidrogen peroksida efektif melawan infeksi yang mengganggu gigi.

Caranya, campurkan 3% hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan yang sama. Berkumurlah dengan campuran itu selama 30 detik lalu berkumur lagi dengan air biasa. Ingat, hidrogen peroksida tidak boleh tertelan. Jadi, jangan gunakan bahan ini pada anak-anak yang sakit gigi.

Selanjutnya: 4 Cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan di rumah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru