Kesehatan Umum

4 Cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan di rumah

Kamis, 22 Oktober 2020 | 10:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan di rumah

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengobati gusi bengkak yang bisa Anda lakukan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami kondisi gusi bengkak. Jika belum terlalu parah, cara mengobati gusi bengkak bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, jika kondisi tersebut berlangsung selama lebih dari seminggu, lebih baik segera konsultasikan pada dokter.

Ada banyak hal yang menyebabkan gusi seseorang bengkak. Mulai dari infeksi, gingivitis, hamil, kekurangan nutrisi, efek samping obat, hingga sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Memeriksakan diri ke dokter perlu dilakukan agar penyebab pastinya bisa ditentukan.

Jika Anda menyadari gusi sedang bengkak, Anda perlu meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Usahakan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, hindari makanan manis, dan produk yang membuat gusi iritasi. Selain itu, cara mengobati gusi bengkak juga bisa dengan bahan alami berikut.

Air Garam

Mengutip dari Healhtline (healthline.com), air garam bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan di gusi. Bahan alami ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan. Caranya, campurkan 1 sdt garam dengan 8 ons air hangat.

Baca Juga: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Gunakan larutan itu untuk berkumur selama 30 detik. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Namun, pastikan untuk tidak menelan larutan garam saat Anda menggunakannya untuk berkumur, ya.

Essential Oil

Cara mengobati gusi bengkak lainnya adalah dengan memakai essential oil, misalnya tea tree oil. Bahan tersebut mampu mencegah perkembangbiakkan mikroorganisme yang dapat mengancam kesehatan gusi.

Pertama, campurkan tiga tetes tea tree oil atau essential oil lainnya dengan 8 ons air hangat. Gunakan campuran itu untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari hingga gusi tak lagi bengkak.

Lidah Buaya

Healthline mengatakan bahwa gusi yang bengkak juga bisa diredakan dengan obat kumur lidah buaya. Jenis obat kumur ini efektif mencegah terjadinya gingivitis. Anda cukup menggunakan obat kumur lidah buaya sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan cara ini selama 10 hari atau sampai kondisi Anda membaik.

Baca Juga: Dijamin ampuh, inilah cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri

Kompres

Gusi yang bengkak sering kali menimbulkan rasa nyeri sehingga mengganggu aktivitas Anda. Rasa sakit yang Anda alami bisa dikurangi dengan memakai kompres panas ataupun dingin. Pertama, celupkan handuk pada air hangat kemudian peras.

Gunakan handuk tersebut untuk mengompres gusi bengkak dari luar selama lima menit. Setelah itu, pakai es batu dalam kantung plastik yang telah dibalut handuk untuk mengompres di tempat yang sama. Gunakan kompres dingin selama lima menit pula.

Ulangi kompres panas dan dingin sebanyak dua hingga tiga kali. Anda bisa terus melakuan cara mengobati gusi bengkak ini selama beberapa hari hingga gusi Anda kembali sehat.

Selanjutnya: Wajib coba! Inilah 5 cara menghilangkan bau mulut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru