4 Cara mengatasi gigi ngilu yang efektif dari bahan alami

Jumat, 09 Oktober 2020 | 10:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi gigi ngilu yang efektif dari bahan alami

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu dari bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi ngilu merupakan salah satu masalah yang mengganggu sebagian orang. Agar benar-benar hilang, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Namun, cara mengatasi gigi ngilu berikut bisa Anda coba terlebih dahulu agar rasa sakitnya bisa berkurang.

Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan masalah yang sedang Anda alami adalah hal penting yang perlu dilakukan. Untuk mengurangi rasa ngilu, Anda bisa memakai pasta gigi untuk gigi sensitif. Mengutip dari Healthline, pasta gigi itu mengandung potasium nitrat yang bisa melindungi ujung saraf. 

Saat rutin digunakan, potasium nitrat akan mencegah rasa sakit menjalar dari saraf ke gigi dan otak. Selain itu, usahakan untuk memakai sikat gigi berbulu lembut dan obat kumur yang mengandung sedikit asam.

Air Garam dan Madu

Cara mengatasi gigi ngilu selanjutnya bisa Anda lakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Garam berfungsi sebagai antiseptik dan efektif mengurangi inflamasi.

Baca Juga: sakit gigi kumat lagi? Daun sirih bermanfaat sebagai obat sakit gigi

Caranya, campurkan ½ hingga ¾ sdt garam dalam segelas air hangat. Aduk hingga rata kemudian pakai untuk berkumur selama 30 detik. Anda bisa melakukan cara itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain menggunakan air garam, sakit akibat gigi ngilu juga bisa dikurangi dengan berkumur memakai madu. Madu memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka di mulut. Campurkan 1 sdm madu dengan segelas air hangat lalu pakai campuran itu untuk berkumur.

Teh Hijau

Berkumur dengan teh hijau bisa jadi cara mengatasi gigi ngilu.

Tak hanya cocok digunakan sebagai minuman penurun berat badan, teh hijau juga bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi rasa ngilu di gigi. Hal itu didapat dari kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam teh hijau.

Gunakan teh hijau untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari agar rasa ngilu berkurang dan gigi jadi lebih kuat. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan pemanis tambahan dalam teh hijau, ya.

Baca Juga: 3 Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Hidrogen Peroksida

Cara mengatasi gigi ngilu lainnya yang direkomendasikan Healthline adalah memakai hidrogen peroksida. Bahan ini berfungsi sebagai antiseptik dan disinfektan sehingga peradangan bisa dicegah. 

Pertama, campurkan hidrogen peroksida dan air hangat dengan perbandingan yang sama lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Setelah itu, kumur lagi menggunakan air biasa untuk menghilangkan hidrogen peroksida yang tertinggal.

Selanjutnya: Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru