Kesehatan Umum

3 Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Senin, 05 Oktober 2020 | 10:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

ILUSTRASI. Ada beberapa cara memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak produk pemutih gigi yang dijual di pasaran. Namun, banyaknya bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuat produk tersebut sedikit berbahay jika digunakan dalam jangka waktu lama. Cara memutihkan gigi bisa Anda coba menggunakan bahan-bahan alami berikut.

Baking Soda

Bahan pemutih dalam baking soda bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan gigi. Pleasant Family Dentistry mengatakan, manfaat baking soda semakin maksimal jika dicampurkan dengan hidrogen peroksida.

Selain memutihkan gigi, hidrogen peroksida juga berperan sebagai pengusir bakteri. Caranya, campurkan baking soda (1 sdm) dan hidrogen peroksida (2 sdm) hingga berbentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi.

Campuran baking soda dan hidrogen peroksida memang tidak bisa langsung membuat gigi jadi putih. Maka dari itu, Anda perlu menggunakannya tiap hari. Campuran tersebut juga bisa Anda jadikan obat kumur dengan menambah sedikit air.

Baca Juga: Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini

Kulit Buah

Salah satu cara memutihkan gigi adalah menggunakan kulit lemon.

Kulit buah juga bisa dijadikan cara memutihkan gigi, lo. Anda bisa menggunakan kulit pisang, kulit lemon, dan kulit jeruk. Caranya, gosokkan kulit buah yang Anda inginkan selama 2 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dan sikat gigi seperti biasanya.

Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan cara ini. Namun, kandungan asam sitrat dalam kulit buah dipercaya bisa memutihkan gigi. Anda tidak disarankan menggunakan cara ini jika memiliki gigi sensitif atau enamel gigi telah rusak.

Kunyah Buah dan Sayur

Mengunyah buah dan sayur bisa Anda coba untuk memutihkan gigi. Plak yang menempel di gigi dan membuat gigi terlihat kuning bisa hilang saat Anda mengunyah buah dan sayur yang masih mentah. Mengutip dari Pleasant Family Dentistry, stroberi dan nanas cocok dipakai untuk memutihkan gigi.

Nanas mengandung enzim yang bernama bromelain yang efektif menghilangkan noda sehingga bisa memutihkan gigi secara menyeluruh. Asam malat dalam stroberi juga memiliki peran yang sama untuk mencerahkan warna gigi.

Baca Juga: Sering menderita gigi ngilu? Ini loh penyebab gigi ngilu yang wajib Anda tahu

Rajin menyikat gigi merupakan hal penting lain yang perlu Anda lakukan. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dan pasta gigi pemutih. Anda perlu menyikat gigi setiap kali selesai mengonsumsi makanan atau minuman.

Namun, pastikan untuk tidak langsung menyikat gigi seusai mengonsumsi makanan atau minuman asam, ya. Jika Anda langsung menyikat gigi, erosi bisa terjadi sehingga kondisi gigi memburuk.

Selanjutnya: 3 Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru