kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering menderita gigi ngilu? Ini loh penyebab gigi ngilu yang wajib Anda tahu


Jumat, 11 September 2020 / 15:44 WIB
Sering menderita gigi ngilu? Ini loh penyebab gigi ngilu yang wajib Anda tahu


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi ngilu nampak sepele tapi membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kesakitan. Anda kerap menderita gigi ngilu? Ini penyebab gigi ngilu yang harus Anda ketahui.   

Gigi ngilu kerap menjadi penghambat seseorang ketika akan menikmati sajian makanan. Gigi yang terasa ngilu merupakan tanda bahwa gigi Anda sensitif. 

Baca Juga: Daun sirih, obat herbal yang ampuh mengobati sakit gigi, begini cara kerjanya

Ketika lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar, misalnya karena kerusakan enamel, maka gigi akan menjadi sensitif. Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut-serabut saraf. 

Karenanya, ketika dentin terpapar dingin, panas, atau makanan, secara tak langsung serabut saraf pun ikut terpapar sehingga membuat gigi ngilu. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi ngilu, berikut daftarnya: 

1. Kurang hati-hati saat sikat gigi 

Biasanya kesalahan yang dapat menyebabkan gigi ngilu adalah menyikat gigi terlau kencang dan terlalu ditekan. Selain itu, faktor sikat gigi juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu. 

Menggunakan bulu sikat yang kasar dan keras dapat membuat gusi luka dan berakibat pada gigi ngilu. Hal ini secara perlahan akan menyebabkan pengikisan pada lapisan gigi. 

2. Makanan yang dikonsumsi 

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, panas, atau dingin dapat mempengaruhi kondisi gigi Anda. Jika jalur saraf Anda terpapar makanan asam seperti saus tomat, lemon, kiwi, dan acar, Anda juga bisa merasakan gigi ngilu. 

Tak hanya itu, suhu makanan dan minuman juga berpengaruh pada kondisi gigi. 

3. Penumpukan plak yang berlebihan 

Tujuan menggunakan benang gigi dan sikat gigi adalah untuk membuang plak yang terbentuk setelah makan. Penumpukan plak yang berlebihan dapat menyebabkan lapisan enamel gigi hilang. 

Gigi Anda bisa menjadi lebih sensitif karena kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel. 

4. Gigi berlubang dan adanya pembusukan 

Rasa ngilu juga bisa disebabkan oleh gigi berlubang Anda harus memeriksanya ke dokter gigi agar bisa menentukan pengobatan yang tepat, seperti penambalan gigi. 

Seiring bertambahnya usia, tambalan bisa melemah, patah, atau bocor di sekitar tepinya. 

Hal tersebut dapat memudahkan bakteri untuk menumpuk di celah kecil ini. Akhirnya terbentuklah penumpukan asam dan enamel gigi pun jadi rusak. 

Obat Alami 

Jika merasakan gigi ngilu, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan obat alami. Obat-obat alami tersebut juga mudah didapatkan di lingkungan sekitar  kita. 

1. Air garam 

Berkumur dengan air garam merupakan resep turun temurun untuk mengatasi gigi ngilu dan masalah gigi lainnya. 

Secara ilmiah, garam sudah terbukti bersifat antiseptik. Artinya, garam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. 

Caranya, cukup dengan melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Anda bisa berkumur dengan larutan itu selama 30 detik lalu membuangnya. 

2. Air madu 

Selain garam, madu juga bersifat seperti antiseptik dan antibakteri. Sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu. 

Bahkan, satu penelitian dari The Saudi Dental Journal melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis). 

Caranya, larutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk secara rata. Gunakan air itu yang tercampur madu itu untuk berkumur selama 30 detik. 

3. Kunyit 

Selain menyedapkan makanan, kunyit juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami. 

Senyawa kurkumin diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangan. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, Anda parut setengah ruas kunyit dan letakkan parutan itu pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit tersebut menjadi pasta gigi. 

4. Daun jambu 

Selama ini, kita mengenal daun jambu sebagai obat alami untuk atasi diare. Namun, daun jambu ternyata juga bisa menjadi obat mujarab mengatasi gigi ngilu. 

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa daun jambu kaya akan antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya untuk meredakan ngilu pada gigi. 

Sifat antiradang dan antimikroba dari flavonoid juga efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit gigi. 

Caranya, bisa dengan mengunyah daun jambu segar hingga mengeluarkan ekstrak airnya. Kemudian ambil sari daun itu dengan lidah dan oleskan pada bagian gigi yang ngilu. 

Cara selanjutnya adalah merebus beberapa lembar daun jambu dan menambahkannya dengan sejumput garam. Air rebusan itu bisa Anda gunakan sebagai obat kumur. 

5. Bawang putih 

Aroma sedap bawang putih saat digoreng tentu akan membuat semua orang tergoda. Akan tetapi, selain sebagai penyedap makanan, bawang putih juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Penggunaan bawang putih untuk mengobati berbagai masalah gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak dulu. 

Sebuah penelitian menemukan adanya senyawa allicin dalam bawang putih yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba. Keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyeri. 

Caranya, kunyah bawang putih ketika gigi terasa ngilu. Anda juga bisa mengirisnya dengan tipis dan meletakkannya pada bagian gigi yang ngilu.(Ahmad Nufal Dzulfaroh) 

Baca Juga: Menakjubkan! Berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh

Selanjutnya: Infused water nanas bisa meredakan batuk dan pilek Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gigi Terasa Ngilu? Kenali Penyebab dan Obat Alaminya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×