Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan komedo putih dengan cepat

Selasa, 27 Oktober 2020 | 08:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan komedo putih dengan cepat

ILUSTRASI. Cara menghilangkan komedo putih bisa dengan madu.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komedo putih merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Masalah ini timbul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, dan bisa terkontaminasi dengan bakteri. Cara menghilangkan komedo putih berikut patut dicoba untuk mengatasi masalah itu.

Madu

Firstcry.com (parenting.firstcry.com) mengatakan, antibakteri dalam madu berfungsi untuk membersihkan pori-pori agar tak ada lagi yang menyumbat. Maka dari itu, komedo putih bisa hilang dengan cepat jika Anda membersihkan kulit dengan bahan alami ini.

Caranya, hangatkan 1 sdm madu lalu aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan bahan alami ini setiap hari.

Kayu Manis

Cara menghilangkan komedo putih selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kayu manis. Bahan alami ini mengandung antimikroba yang mampu mengurangi komedo putih dan mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: 3 Masker komedo alami terbaik yang mudah dibuat

Tak hanya itu, kayu manis juga mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga regenerasi kulit berjalan dengan baik. Anda bisa menggunakan kayu manis dicampur dengan tepung oat dan air.

Campurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan 1 sdt tepung oat dan air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, cobalah untuk menggunakan masker ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Tea Tree Oil

Firstcry.com juga merekomendasikan bahan lain untuk membersihkan komedo putih, yaitu tea tree oil. Sama seperti kayu manis, tea tree oil juga mengandung antimikroba yang mampu melawan komedo putih dan bakteri penyebab jerawat.

Caranya, basahi kapas dengan air lalu beri beberapa tetes tea tree oil pada kapas tersebut. Gunakan kapas yang telah diberi tea tree oil pada area wajah yang dipenuhi komedo putih. Setelah itu, bilas dengan air. Pastikan untuk tidak memakai tea tree oil secara langsung atau diencerkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Hilangkan komedo, inilah 3 cara membuat masker tomat

Gula Pasir

Gula pasir bisa jadi cara menghilangkan komedo putih.

Cara menghilangkan komedo putih juga bisa Anda lakukan dengan eksfoliasi agar tak ada sel kulit mati atau kotoran lain yang menyumbat pori-pori. Anda bisa memakai gula pasir agar kulit tak menjadi kering. Meski demikian, aplikasikan bahan ini secara lembut agar kulit tak rusak.

Pertama, campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm gula pasir. Gosokkan campuran tersebut pada wajah dengan gerakan memutar lalu diamkan dulu selama lima menit lalu bilas dengan air. Anda bisa mencoba cara ini sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru