kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami


Senin, 26 Oktober 2020 / 12:22 WIB
4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Komedo hitam terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih. Bahan alami bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Soalnya, jika terkontaminasi dengan bakteri, komedo akan berubah menjadi jerawat. Maka dari itu, cara menghilangkan komedo hitam berikut perlu Anda coba:

Putih telur dan air lemon

Selain bisa mengencangkan kulit, dilansir dari Stylecraze.com, putih telur juga mampu menyerap minyak berlebih. Sedangkan asam sitrat dan vitamin C dari air lemon memberikan efek astringen sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Pertama-tama, campurkan satu putih telur, setengah air lemon, dan 1 sendok teh air. Aplikasikan pada seluruh area wajah, lalu tempelkan tisu.

Selanjutnya, tumpuk tisu lain yang sudah diberi campuran masker. Anda bisa menumpuk dua hingga tiga tisu.

Setelah itu, diamkan sampai masker mengering lalu cuci wajah dengan air dingin. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab yang biasa Anda pakai, ya. Cara ini bisa Anda lakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 3 Masker komedo alami terbaik yang mudah dibuat

Madu dan susu

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikan madu dan susu (raw milk). Bahan alami ini mengandung antimikroba dan antiinflamasi yang bisa mengurangi kemunculan komedo.

Pertama-tama, campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan susu. Panaskan campuran itu sampai mengental, kira-kira selama lima detik.

Dinginkan beberapa saat lalu oleskan masker pada daerah komedo. Kemudian, diamkan selama satu setengah jam lalu bilas dengan air.

Oatmeal dan yogurt

Cara menghilangkan komedo hitam bisa dengan campuran oatmeal dan yogurt.

Cara menghilangkan komedo hitam lain, menurut Stylecraze.com, adalah dengan memakai gabungan oatmeal dan yogurt. Tekstur oatmeal yang kasar mampu membersihkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Sedangkan asam laktat dari yogurt mampu mencerahkan kulit.

Bahan yang Anda butuhkan adalah 4 sendok makan oatmeal yang telah dihaluskan dan 2 sendok makan yogurt. Campurkan kedua bahan itu lalu gunakan pada area wajah yang berkomedo.

Gosokkan campuran dengan gerakan memutar sekitar lima menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

Baca Juga: Hilangkan komedo, inilah 3 cara membuat masker tomat

Madu dan kayu manis

Selain dengan susu, madu juga bisa Anda campur dengan kayu manis untuk menghilangkan komedo. Anda membutuhkan ½ bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu untuk membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat.

Campurkan kedua bahan itu lalu aplikasikan pada bagian wajah yang memiliki komedo. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan bahan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Coba buat masker komedo alami dari bahan ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×