4 Cara menghilangkan komedo, pakai lemon dan bahan alami lain

Sabtu, 06 November 2021 | 11:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan komedo, pakai lemon dan bahan alami lain

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo, lo. Tentu saja Anda perlu memakainya secara rutin supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

Komedo muncul karena pori-pori kulit tersumbat. Saat teroksidasi, komedo putih berubah warna menjadi hitam. Meski tidak terlalu membahayakan kesehatan kulit, kemunculan komedo bisa membuat penampilan Anda kurang maksimal.

Jangan lupa untuk melakukan uji coba sebelum memakai bahan-bahan alami berikut ini secara rutin. Segera hentikan pemakaian apabila muncul reaksi alergi yang tidak Anda inginkan. Jangan ragu pula untuk memeriksakan diri ke dokter jika reaksi alergi tak kunjung hilang.

Telur dan Madu

Nykaa (nykaa.com) menyebutkan bahwa telur dan madu adalah salah satu kombinasi bahan alami yang berguna sebagai penghilang komedo. Caranya, campur 1 putih telur dengan 1 sdm madu. Aplikasikan masker itu pada kulit sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan komedo di hidung? Coba 7 bahan ini

Teh Hijau

Gunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo selanjutnya dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan teh hijau. Antioksidan yang ada dalam teh hijau bisa mengurangi produksi minyak dan meredakan inflamasi. Dengan begitu, risiko masalah kulit yang lain dapat Anda hindari.

Pertama, campur 1 sdm teh hijau kering dengan sedikit air. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian oleskan di kulit. Diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baking Soda

Cara menghilangkan komedo bisa memakai baking soda.

Baking soda juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo, lo. Antibakteri dan antijamur di baking soda efektif membersihkan sel kulit mati. Sebum yang menyumbat poripori dan menyebabkan komedo pun dapat Anda bersihkan.

Baca Juga: 5 Bahan ini bisa jadi moisturizer untuk kulit berminyak

Lemon dan Kayu Manis

Masker komedo berikutnya yang direkomendasikan Nykaa adalah lemon dan kayu manis. Anda perlu mencampur 2 sdm kayu manis dan 2 sdm lemon terlebih dahulu. Gunakan masker tersebut pada kulit selama minimal 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Lemon memiliki antibakteri yang efektif melawan faktor-faktor penyebab komedo. Di sisi lain, kayu manis memiliki kandungan yang bisa mengencangkan kulit. Dengan begitu, kemunculan komedo bisa Anda cegah.

Selanjutnya: Disambut Emir Dubai, pemerintah sepakati peningkatan kerjasama ekonomi dengan PEA

Editor: Belladina Biananda
Terbaru