Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan komedo hitam yang layak Anda coba

Selasa, 13 Oktober 2020 | 12:50 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan komedo hitam yang layak Anda coba

ILUSTRASI. Membersihkan sel kulit mati bisa jadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam. Foto: Dok The Emdee Skin Clinic

KONTAN.CO.ID - Komedo hitam adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Kemunculannya sering membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mencoba cara menghilangkan komedo hitam lewat artikel ini.

Melansir dari Glamour.com, komedo hitam terjadi ketika pori-pori terbuka dan tersumbat oleh sebum. Saat tak tertutup kulit, sel kulit mati dan minyak yang menumpuk akan teroksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam.

Berbeda dari komedo putih yang bisa hilang dalam tujuh hingga sepuluh hari, komedo hitam bisa bertahan lebih lama. Cara menghilangkan komedo hitam berikut perlu dipraktikkan agar Anda tak mengalami masalah ini berbulan-bulan:

Pilih pembersih muka yang tepat

Memilih pembersih muka yang tepat merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Jangan menggunakan pembersih yang menghilangkan minyak alami kulit terlalu banyak, misalnya, pembersih yang dilengkapi dengan scrub.

Jenis pembersih tersebut justru menghilangkan minyak alami terlalu banyak. Hasilnya, kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga memperparah kondisi komedo. Sebaiknya, pilihlah mild cleanser yang mengandung asam glikolik.

Baca Juga: Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

Bersihkan sel kulit mati secara rutin

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya adalah dengan membersihkan sel kulit mati atau exfoliating. Menurut Glamour.com, lebih baik menggunakan chemical exfoliating dibanding physical exfoliating.

Physical exfoliating atau membersihkan sel kulit mati menggunakan scrub meningkatkan risiko kulit terluka. Daripada merusak kulit, Anda bisa membersihkan sel kulit mati menggunakan produk yang mengandung asam glikolik, asam laktat, atau asam salisilat.

Jangan lupakan pelembab

Cara menghilangkan komedo hitam lainnya adalah dengan tidak melupakan pelembab. Terlalu banyak minyak di kulit memang bisa menyebabkan komedo, tapi kulit yang mengandung terlalu sedikit minyak juga bisa memperparah kondisi kulit.

Pelembab digunakan untuk menyeimbangkan jumlah minyak alami kulit. Anda bisa memilih pelembab yang mengandung squalane oil atau ekstrak minyak ikan.

Baca Juga: 8 Cara ampuh menghilangkan komedo

Gunakan vitamin C

Selain cara-cara tersebut, komedo hitam juga bisa diatasi dengan memakai vitamin C. Kandungan antioksidan dalam vitamin C mampu memperlambat proses oksidasi yang membuat komedo hitam.

Selain itu, vitamin C juga bisa mencerahkan kulit wajah Anda yang kusam.

Selanjutnya: Penyebab dan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru