kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi wajah berminyak untuk mencegah jerawat


Rabu, 28 Oktober 2020 / 11:06 WIB
4 Cara mengatasi wajah berminyak untuk mencegah jerawat
ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi wajah berminyak adalah memakai masker yang terbuat dari oatmeal. Kontan/Alri kemas


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebum merupakan salah satu zat penting yang mampu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Namun, jika jumlahnya berlebihan, maka pori-pori bisa tersumbat sehingga menimbulkan jerawat dan masalah kulit lain. Cara mengatasi wajah berminyak perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa tanda kulit berminyak yang biasa muncul. Mulai dari kulit yang terlihat berkilau karena minyak, pori-pori nampak lebih besar, muncul komedo dan jerawat secara terus-menerus.

Pemilik tipe kulit berminyak mengalami kesulitan dalam menggunakan make up. Jika salah memilih make up yang tepat, kondisi kulit akan menjadi lebih buruk. Tingkat keparahan kulit berminyak bergantung pada beberapa hal.

Misalnya, genetik yang berperan dalam aktivitas kelenjar minyak, perubahan hormon, dan tingkat stres. Meski demikian, cara mengatasi wajah berminyak berikut ini bisa Anda coba agar kulit berminyak tak mengganggu penampilan.

Baca Juga: 4 Pelembab untuk kulit berminyak dari bahan alami

Cuci Muka Secara Rutin

Mencuci muka secara rutin bisa membersihkan minyak berlebih di kulit wajah. Medical News Today menyarankan agar Anda mencuci wajah menggunakan mild cleanser dan air hangat. Gunakan sabun cuci wajah non-comedogenic dan tak mengandung pewangi.

Tak hanya itu, pastikan untuk mengeringkan wajah secara perlahan. Pakailah handuk berbahan lembut untuk mengurangi gesekan yang membuat kondisi jerawat semakin parah.

Pakai Toner

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan memakai toner yang mengandung antiinflamasi dan astringen alami, seperti witch hazel. Astringen alami berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menyumbat dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil.

Namun, tak semua orang cocok menggunakan toner yang mengandung astringen. Biasanya, kulit beberapa orang terasa gatal dan tak nyaman. Hal itu menjadi tanda bahwa kulit mengalami iritasi. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan uji coba dulu sebelum memakai toner pada seluruh wajah.

Baca Juga: 4 Tips memilih pelembab untuk kulit berjerawat

Gunakan Pelembab

Bagi sebagian pemilik tipe kulit berminyak, menggunakan pelembab dirasa tak berguna. Faktanya, kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembab. Anda bisa memilih pelembab yang tidak mengandung minyak agar kulit tetap lembut dan terjaga.

Melansir dari Medical News Today, lidah buaya bisa jadi pelembab yang cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. Pastikan untuk memilih produk pelembab yang mengandung bahan alami itu minimal 10%.

Aplikasikan Masker Wajah

Menggunakan madu sebagai masker bisa jadi cara mengatasi wajah berminyak

Beberapa masker wajah dari bahan alami bisa jadi cara mengatasi wajah berminyak, seperti madu atau oatmeal. Madu mengandung antibakteri dan antiseptik. Sedangkan oatmeal mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang mampu meredakan iritasi kulit.

Selanjutnya: 5 Cara mencegah jerawat terbaik yang bisa Anda lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×