Tips Sehat

4 Cara mengatasi hidung tersumbat ini mudah dicoba, lo

Selasa, 22 Juni 2021 | 12:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi hidung tersumbat ini mudah dicoba, lo

ILUSTRASI. Memanfaatkan bawang merah bisa jadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tersumbat bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain yang cukup mengganggu. Misalnya, kesulitan untuk bernapas, sakit kepala, dan lendir yang terus-menerus keluar. Untuk mengatasi hal itu, ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba.

Biasanya, hidung tersumbat bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari alergi, infeksi flu, penyakit sinusitis, dan lain-lain. faktor-faktor itu mengakibatkan inflamasi sehingga produksi lendir meningkat. Akibatnya, hidung Anda pun tersumbat.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan alami yang dapat Anda manfaatkan supaya hidung tersumbat bisa segera teratasi. Namun, jika hidung tersumbat tak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Bawang Merah

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa vitamin dan mineral yang terkandung dalam bawang merah efektif mengatasi hidung tersumbat. Anda hanya perlu menghirup aroma bawang merah yang sudah dikupas selama lima menit. Dengan begitu, pernapasan Anda menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Coba 4 rekomendasi obat herbal sesak nafas ini, yuk

Tomat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan memanfaatkan tomat. Selain meredakan bagian dalam hidung yang meradang, kandungan dalam tomat juga efektif membuka sinus sehingga penyumbatan dapat teratasi.

Supaya efek tomat lebih terasa, Anda bisa mencampurnya dengan bawang putih dan garam. Campur 1 sdm bawang putih dan 1 sdt garam dalam segelas jus tomat. Minum campuran itu dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mamakai bawang putih.

Mengutip dari NDTV Food, mengonsumsi bawang putih dua kali sehari dapat mengurangi hidung tersumbat. Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih secara langsung atau merebus 2-3 siung bawang putih dalam air lalu minum air rebusan itu secara rutin.

Baca Juga: 10 Obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalah cuka apel. Selain mengobati hidung tersumbat, cuka apel juga efektif mengatasi berbagai macam masalah yang muncul akibat penyakit sinusitis.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Campur 2 sdt cuka apel dalam segelas air hangat. Minum air campuran itu tiga kali dalam sehari. Supaya rasanya lebih lezat, Anda juga bisa menambahkan 1 sdt madu dalam air cuka apel tersebut.

Selanjutnya: Hati-hati! Gejala Covid-19 mirip flu, masyarakat perlu waspada

Editor: Belladina Biananda
Terbaru