10 Obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

Rabu, 28 April 2021 | 09:52 WIB Sumber: Kompas.com
10 Obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

ILUSTRASI. 10 Obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sakit tenggorokan bisa terjadi pada setiap orang. Simak cara menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami dengan obat dari bahan alami agar Anda kembali nyaman beraktivitas.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri atau virus, alergi, dan penyebab lainnya. Namun, semua orang yang pernah mengalami sakit tenggorokan pasti sepakat bahwa kondisi ini begitu tidak nyaman.

Pada kondisi yang parah, sakit tenggorokan membuat kita sulit menelan sehingga napsu makan pun berkurang. Sebagai pertolongan pertama, penting untuk mencoba obat sakit tenggorokan rumahan yang bisa kita praktikkan sebelum membeli obat di luar atau meminta bantuan dokter.

Melansir MedicineNet, beberapa obat sakit tenggorokan dari bahan alami di antaranya:

1. Cuka sari apel

Obat sakit tenggorokan dari bahan alami yang pertama adalah cuka sari apel. Cuka bersifat asam dan dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan, sekaligus membantu meredakan sakit tenggorokan. Cara ini juga diyakini mampu membantu melonggarkan dahak yang berpotensi mengiritasi tenggorokan.

Cara penggunaan cuka sari apel sebagai obat sakit tenggorokan:

Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 250 ml air. Kita juga bisa mengombinasikannya dengan 1 sendok teh garam untuk memberikan fungsi obat kumur dari cuka.

Baca juga: 4 Rekomendasi obat radang tenggorokan dari bahan alami

2. Bawang putih mentah

Obat sakit tenggorokan dari bahan alami lainnya adalah bawang putih mentah. Bawang putih memiliki khasiat antiseptik yang dapat membantu jika kita mengalami infeksi bakteri dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Ketika dihancurkan, bawang putih mentah akan merilis komponen yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Cara menggunakan bawang putih mentah sebagai obat sakit tenggorokan adalah mengunyah siung bawang putih mentah atau mengambil sepotong dan mengisapnya selama sekitar 15 menit. Cara ini mungkin sulit dilakukan jika kita tidak terbiasa.

Agar bawang putih lebih mudah dicerna, kita bisa mencincangnya dan menambahkan madu atau minyak zaitun. Kuncinya adalah memakannya sesegera mungkin setelah dihancurkan agar allicin menjadi lebih efektif.

3. Peppermint

Bukan permen, namun gunakan daun tanamannya sebagai obat sakit tenggorokan secara alami. Komponen utama adalah peppermint adalah mentol, yang dapat bertindak sebagai dekongestan dengan cara mengencerkan lendir.

Peppermint dapat meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk kering. Cara menggunakan peppermint sebagai obat sakit tenggorokan secara alami adalah minumlah teh peppermint. Kita juga bisa menambahkan sedikit minyak peppermint ke diffuser atau mengoleskan sedikit minyak atsiri ke bagan dada.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru