kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi diare yang cukup efektif


Kamis, 01 Oktober 2020 / 08:26 WIB
4 Cara mengatasi diare yang cukup efektif
ILUSTRASI. Cara mengatasi diare perlu segera dilakukan agar tubuh kembali nyaman. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diare merupakan salah satu kondisi yang dialami oleh banyak orang. Agar keadaan tak semakin parah, Anda perlu melakukan cara mengatasi diare. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari minum obat, menggunakan bahan alami, atau mengosumsi jenis makanan tertentu.

Diare biasanya ditandai dengan kram perut, kembung, dan bentuk feses yang lembek dan encer. Mengutip dari Healthline, infeksi bakteri atau virus, keracunan makanan, dan penggunaan antibiotik bisa jadi penyebab munculnya diare.

Umumnya, diare berlangsung selama tak lebih dari dua minggu. Supaya Anda bisa sembuh lebih cepat, cobalah untuk melakukan cara mengatasi diare berikut ini.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat diare, menjaga tubuh agar tak dehidrasi merupakan suatu hal yang penting, apalagi bagi anak-anak dan orang tua. Usahakan untuk memberi minum sedikit cairan secara terus-menerus selama diare.

Baca Juga: 3 Penyebab kram perut dan cara mengatasinya

Ibu perlu memberikan ASI secara rutin kepada bayi yang mengalami diare. Untuk anak yang lebih dewasa dan orang tua, bisa mengonsumsi larutan elektrolit. Healthline mengingatkan agar penderita diare tak mengonsumsi kopi, soda, dan susu karena bisa memperparah kondisi tubuh.

Konsumsi Probiotik

Diare juga bisa diatasi dengan probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang bekerja di saluran pencernaan. Anda bisa mengonsumsi keju, cokelat hitam, tempe, atau yogurt agar probiotik terpenuhi.

Obat Diare

Diare bisa diatasi pula dengan minum obat. Mengutip dari Healthline, beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi adalah imodium dan pepto-bismol. Namun, obat tersebut hanya bisa mengatasi gejala diare yang tak parah.

Jika diare yang Anda alami lebih parah, periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Diare kronis biasanya terjadi selama lebih dari dua minggu dan gejala yang muncul pun bisa lebih parah.

Baca Juga: 7 Penyebab diare yang perlu diwaspadai

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Cara mengatasi diare bisa dengan mengonsumsi pisang.

Diare bisa sembuh jika Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan. Mulai dari pisang, nasi, oatmeal, kuah sup, hingga roti. Di sisi lain, hindari gorengan atau makanan berminyak dan makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayur karena bisa menyebabkan kembung.

Selanjutnya: Penyebab BAB berdarah dan gejala yang muncul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×