4 Cara ini bisa membantu atasi masalah pencernaan akibat Covid-19

Jumat, 17 September 2021 | 16:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara ini bisa membantu atasi masalah pencernaan akibat Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama proses penyembuhan Covid-19, ada banyak kondisi yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah masalah pada sistem pencernaan. Misalnya, perut kembung, asam lambung naik, dan kondisi-kondisi yang lain.

Only My Health (onlymyhealth.com) juga mengatakan bahwa ada beberapa kasus di mana pasien mengalami pendarahan di saluran pernapasan. Tentu saja hal itu bisa membahayakan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Selain mengganggu sistem pernapasan, Virus Corona bisa menyebabkan inflamasi di saluran pencernaan. Supaya kondisi tubuh Anda tak memburuk, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah mengatur makanan yang Anda konsumsi selama proses penyembuhan.

Minum Air Putih

Cara mengatasi masalah pencernaan setelah terinfeksi Covid-19 adalah dengan minum banyak air putih. Usahakan untuk minum 2-3 L air putih per hari. Tujuannya supaya tubuh terhidrasi dengan baik sehingga tak terjadi masalah pada sistem pencernaan Anda.

Baca Juga: Paru-paru bermasalah? Coba 5 obat herbal ini agar napas lebih lega

Konsumsi Protein

Mengonsumsi makanan berprotein penting Anda lakukan selama proses penyembuhan akibat infeksi Virus Corona. Ada banyak sumber protein hewani dan protein nabati yang bisa Anda coba. Misalnya, telur, kacang kedelain, dan lain-lain.

Makan Probiotik dan Prebiotik

Mengonsumsi makanan kaya probiotik bisa mengatasi masalah pencernaan karena Covid-19.

Mengutip dari Only My Health, Anda perlu mengonsumsi probiotik dan prebiotik untuk menghindari masalah pada sistem pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik mampu membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan lain.

Tidak berhenti sampai di situ, probiotik dan prebiotik baik untuk bakteri dalam saluran pencernaan dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Anda bisa menemukan probiotik dan prebiotik dalam oatmeal, yogurt, dan sayur serta buah yang lain.

Baca Juga: Vaksin, pola hidup sehat, dan prokes jadi senjata hadapi transisi pandemi ke endemik

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan di atas, penting pula bagi Anda untuk menghindari jenis makanan tertentu. Bagi pecinta makanan pedas, sebaiknya hindari jenis makanan itu selama proses pemulihan akibat Covid-19.

Makanan berminyak dan berlemak juga perlu Anda hindari karena bisa memperburuk kondisi sistem pencernaan. Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan gula.

Selanjutnya: 4 Makanan ini bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru