4 Makanan ini bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19

Jumat, 17 September 2021 | 09:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan ini bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19

ILUSTRASI. Telur termasuk salah satu makanan yang bisa mengurangi efek samping vaksin Covid-19.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski jarang terjadi, efek samping vaksin Covid-19 masih bisa Anda alami. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal itu bisa teratasi dengan baik. Selain memperbanyak waktu istirahat, mengonsumsi jenis makanan tertentu bisa Anda lakukan.

Anda mengalami efek samping vaksin karena tubuh beradaptasi dengan kandungan dalam vaksin. Beberapa jenis efek samping yang bisa terjadi adalah nyeri di sekitar bekas suntikan, sakit kepala, tubuh terasa pegal, dan lain sebagainya.

Beberapa efek samping itu akan hilang dalam waktu singkat. Nah, mengonsumsi beberapa jenis makanan ini membantu Anda untuk mempercepat proses pemulihan. Dengan begitu, kemunculan efek samping bisa segara sembuh.

Telur

Mengonsumsi makanan berprotein merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Nah, telur termasuk salah satu pilihan karena mengandung banyak asam amino. NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa telur jadi pilihan yang tepat bagi penderita diabetes yang baru mendapat vaksinasi.

Baca Juga: 11 Kondisi orang yang tidak bisa menerima vaksin Covid-19

Kunyit

Efek samping vaksin Covid-19 bisa dikurangi dengan kunyit.

Efek samping vaksin juga bisa teratasi dengan kunyit. Kandungan yang terdapat dalam kunyit mampu meredakan stres yang mana berpengaruh baik bagi sistem imun tubuh. Dengan begitu, efek vaksinasi menjadi lebih terkontrol.

Ikan

Selain makanan berprotein, Anda perlu memperbanyak asupan makanan yang mengandung antiinflamasi. Tujuannya supaya peradangan dalam tubuh yang jadi efek samping vaksin dapat mereda. Nah, ikan bisa Anda jadikan sumber makanan yang mengandung antiinflamasi.

Tidak berhenti sampai di situ, ikan kaya akan asam lemak omega-3. Artinya, rutin mengonsumsi ikan bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah usahakan untuk mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Inilah 5 kondisi yang bisa jadi long covid, apa saja?

Buah dan Sayur

Cara mengatasi efek samping vaksin Covid-19 berikutnya adalah dengan banyak makan buah dan sayur. Alasannya karena buah dan sayur mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi lain yang memperkuat daya tahan tubuh.

Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan di atas, penting bagi Anda untuk menghindari jenis makanan lain. Meski belum ada penelitian membuktikan kebenarannya, NDTV Food merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi alkohol setelah divaksin.

Selanjutnya: Inilah efek samping 9 vaksin Covid-19 di Indonesia, mulai Sinovac hingga Convidecia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru