4 Bahan alami ini bisa Anda jadikan obat sesak nafas, lo

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 15:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami ini bisa Anda jadikan obat sesak nafas, lo


KONTAN.CO.ID - Berbagai macam faktor bisa jadi penyebab sesak nafas. Supaya kondisi Anda tak memburuk, cobalah untuk mengonsumsi obat sesak nafas secara teratur. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih makanan yang tepat.

Pertama, pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat. Mengonsumsi jenis lemak itu mampu menurunkan risiko inflamasi, sehingga kesehatan paru-paru dan tubuh secara menyeluruh bisa terjaga.

Kedua, cobalah untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Saat sistem imun lebih kuat, kemunculan sesak nafas dan masalah kesehatan lain dapat berkurang.

Nah, di bawah ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba. Namun, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter apabila sesak nafas yang Anda alami semakin parah, ya.

Baca Juga: Ini 4 opsi obat hidung tersumbat yang bisa Anda coba

Sayuran hijau

Melansir Asbestos.com, ada banyak nutrisi penting yang terdapat dalam sayuran hijau, seperti bayam atau kale. Mulai dari antioksidan, zat besi, kalium, kalsium, hingga vitamin dan mineral yang lain.

Nutrisi-nutrisi tersebut berperan sebagai antiinflamasi yang mana efektif menurunkan peradangan dalam tubuh. Saat hal itu terjadi, saluran pernapasan yang meradang dapat berkurang sehingga sesak nafas pun tak lagi Anda rasakan.

Apel

Apel bisa Anda buat sebagai obat sesak nafas.

Apel termasuk bahan alami yang bisa Anda jadikan obat sesak nafas. Bahkan, rutin makan lima hingga enam buah apel per minggu bisa menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronik.

Manfaat apel itu berasal dari tingginya antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Tomat

Tomat dapat digunakan sebagai obat sesak nafas.

Jika Anda mencari obat sesak nafas dari bahan-bahan alami, maka tomat bisa Anda jadikan pilihan. Alasannya karena tomat mengandung likopen yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Tidak hanya itu, makan tomat secara teratur bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan.

Baca Juga: Kenapa Anda sesak nafas saat tidur? Ini 4 alasannya

Buah bit

Asbestos.com menyarankan Anda untuk rutin mengonsumsi buah bit supaya sesak nafas dan masalah sistem pernapasan lain dapat berkurang. Kandungan dalam bahan alami itu mampu membuat pembuluh darah rileks sehingga asupan oksigen menjadi lebih optimal.

Magnesium dan kalium dalam buah bit pun berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat manfaat itu. Anda bisa mengolah buah bit menjadi smoothie, salad, atau jenis hidangan lain.

Dari beberapa bahan alami yang sudah disebutkan, mana yang Anda sukai? Supaya efeknya lebih terasa, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara teratur, ya.

Selanjutnya: 4 Ciri penyakit jantung yang wajib Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru