kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Tips Mencegah Osteoporosis yang Mengintai Perempuan dan Lansia


Senin, 29 Mei 2023 / 08:37 WIB
3 Tips Mencegah Osteoporosis yang Mengintai Perempuan dan Lansia
ILUSTRASI. 3 Tips Mencegah Osteoporosis yang Mengintai Perempuan dan Lansia


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Semakin bertambahnya usia, kesehatan dan kebugaran tubuh umumnya akan semakin berkurang. Salah satu penyakit yang mengintai masyarakat usia lanjut khususnya perempuan adalah osteoporosis. 

Osteoporosis atau tulang keropos adalah kondisi dimana massa tulang mengalami penurunan, tulang menjadi lebih rapuh dan berisiko mengalami patah tulang.

Ira Purnamasari Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelasakn, beberapa penelitian menjelaskan bahwa perempuan dewasa memiliki massa tulang yang lebih sedikit dibandingkan pria dewasa, apalagi setelah menopause, perempuan mulai kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria.

“Perempuan pada usia 70 tahun mengalami kehilangan massa tulang sampai 50%. Sedangkan, pria pada usia 90 tahun mengalami kehilangan massa tulang hanya 25%,”ujar Ira, dikutip dari situs UM Surabaya.

Baca Juga: Workout Mengecilkan Perut Buntit, Hindari Kebiasaan Penyebab Lemak Perut Menumpuk

Penyebab utamanya adalah saat perempuan menopause, terjadi penurunan hormon estrogen.

Padahal salah satu fungsi hormon estrogen adalah membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang, kalsium berfungsi untuk menghambat pemecahan tulang.

“Pada pria massa tulang lebih besar dan tidak mengalami perubahan hormonal mendadak, berbeda dengan perempuan, berkurangnya hormon estrogen saat menopause mengakibatkan perempuan lebih berisiko mengalami osteoporosis serius,” jelas Ira

Tips mencegah osteoporosis

Menurut Ira, tujuan dari pencegahan osteoporosis adalah mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang. Berikut ini beberapa tips mencegah osteoporosis khususnya bagi perempuan.

1. Mengkonsumsi kalsium

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal pada usia sekitar 35 tahun. Kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti

  • Keju
  • Beragam jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tongkol
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, almond, biji wijen
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, pakcoy, sawi
  • Buah-buahan seperti pepaya, jeruk, kurma, alpukat, labu kuning, mangga

Baca Juga: Asam Lambung Kronis Picu Rasa Terbakar di Dada, Cegah Risiko dengan Membakar Kalori

Selain itu, mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium atau dengan suplemen kalsium (dosis harian yang dianjurkan 1,5 gram) dan tambahan vitamin D secara efektif dapat meningkatkan kepadatan tulang.

2. Melakukan olahraga

Tips kedua untuk mencegah osteoporosis yang sering menyerang perempuan adalah dengan berolahraga.

“Melakukan olahraga dengan beban sesuai batas kemampuan, seperti berjalan dan menaiki tangga akan meningkatkan kepadatan tulang,”imbuhnya lagi.

3. Terapi sulih hormon estrogen

Terapi ini paling efektif dimulai dalam 4-6 tahun setelah menopause, guna memperlambat kehilangan massa tulang dan menurunkan risiko fraktur.

“Penting bagi perempuan untuk lebih peduli terhadap dirinya, terutama dalam mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup, guna mencegah terjadinya osteoporosis,” ungkap Ira. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×