kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Dilihat dari Mata


Senin, 29 Agustus 2022 / 11:00 WIB
3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Dilihat dari Mata


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kadar kolesterol tinggi bisa mematikan dan dapat mengakibatkan penyumbatan atau kerusakan arteri yang menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung dan stroke. 

Sementara kolesterol diproduksi secara alami di dalam tubuh, makan makanan yang kaya akan lemak jenuh dan gula dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah dan dapat menyebabkan gejala seperti sesak dada, sesak napas, nyeri rahang, dll. 

Kerusakan pembuluh darah dapat tercermin di banyak bagian tubuh seperti mata, kulit, atau wajah Anda.

Melansir Hindustantimes.com, orang mungkin melihat tanda-tanda awal kolesterol tinggi dengan mudah di mata mereka. 

Perubahan warna mata Anda, penampilan kelopak mata, garis-garis gelap dalam penglihatan, semuanya dapat menunjukkan peningkatan kadar kolesterol jahat dan perlu ditangani.

Perubahan pertama terlihat pada penampilan mata dan penglihatan Anda. Penglihatan kabur, endapan abu-abu, putih dan kuning di sekitar kornea, tonjolan kuning di sekitar mata Anda semuanya dapat menunjukkan kadar kolesterol tinggi yang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Mencegah Penyakit Memburuk, Ini Gejala Awal Stroke yang Wajib Diketahui

Dr Labdhi Shah, M.S Ophthalmologist and Neuro-Ophthalmologist, Eyeconic Eye Clinic, Ahmedabad mengungkapkan beberapa tanda umum kolesterol di mata Anda:

1. Xanthelasma

Orang dengan kolesterol tinggi sering memiliki gejala mata umum yang dikenal sebagai xanthelasma – area kekuningan yang menonjol atau datar yang terbentuk di sekitar mata atau dekat dengan hidung. Penumpukan kolesterol di bawah kulit menghasilkan endapan. Namun, kondisi ini tidak mempengaruhi penglihatan. Hampir, 50 persen orang dengan xanthelasma cenderung memiliki kolesterol tinggi.

Kondisi tersebut umumnya terjadi pada orang yang perokok, kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, dan diabetes.

2. Oklusi Vena Retina

Retina merupakan jaringan peka cahaya yang terletak di bagian belakang mata. Ini menerima suplai darah melalui arteri retina dan vena retina. 

Ketika lipid pecah dan menyumbat vena, kondisi ini dikenal sebagai oklusi vena retina. Ketika arteri tersumbat, kondisi ini disebut oklusi arteri retina yang juga dikenal sebagai stroke.

Gejala dari kondisi ini adalah:

• Perubahan penglihatan pada satu mata

• Penglihatan kabur di satu mata

• Garis-garis gelap atau bintik-bintik pada penglihatan (floaters)

• Nyeri pada mata yang terkena

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan: Mual dan Demam

Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang berusia 50 tahun atau lebih. Ini juga sering terjadi pada orang yang cenderung memiliki diabetes, glaukoma, tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah.

3. Arcus Senilis

Dalam kondisi ini, cincin putih, biru atau abu-abu terbentuk di sekitar pinggiran kornea karena lebih banyak deposit kolesterol di kornea. Cincin muncul di sekitar bagian berwarna mata atau iris. 

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa iris memiliki dua warna, tetapi itu hanya perubahan warna. Tapi cincin itu tidak mempengaruhi penglihatanmu. Kondisi ini kebanyakan terjadi pada orang paruh baya.

Cara melindungi mata Anda dari kolesterol

Mengutip careoptics.co.uk, kolesterol dapat dicegah dengan pola makan yang baik, hidrasi yang baik dan olahraga. 

Diet sehat yang kaya buah dan sayuran akan memberi Anda antioksidan, lutein, zeaxanthin, vitamin C dan E, mengurangi lemak dalam aliran darah Anda, tekanan di pembuluh darah Anda, dan kemungkinan pembentukan lapisan. 

Menghindari daging merah, minum setidaknya 1,5 liter air setiap hari dan berolahraga secara rutin, juga akan membantu menurunkan angka kolesterol dan meningkatkan kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×