Kecantikan & Kebugaran

3 Masker komedo alami terbaik yang mudah dibuat

Selasa, 20 Oktober 2020 | 11:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Masker komedo alami terbaik yang mudah dibuat

ILUSTRASI. Masker komedo alami bisa terbuat dari madu.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Masalah tersebut timbul saat minyak berlebih dan kotoran terperangkap dalam pori-pori kulit. Jika dibiarkan, komedo bisa merusak penampilan. Cobalah masker komedo alami berikut untuk mengatasi masalah itu.

Susu dan Madu

Mengutip dari Cookist (cookist.com), Anda bisa menghilangkan komedo dengan memakai masker yang terbuat dari susu dan madu. Asam laktat dalam susu mudah masuk ke kulit sehingga pengangkatan sel kulit mati menjadi lebih mudah pula.

Saat sel kulit mati terangkat, pori-por menjadi tak lagi tersumbat sehingga komedo bisa hilang. Sedangkan madu berfungsi untuk mencerahkan kulit Anda. Caranya cukup mudah untuk dilakukan dan Anda bisa menggunakan masker ini hingga dua kali dalam seminggu.

Pertama, campurkan ¼ gelas susu dengan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata di sebuah wadah. Celupkan kapas pada masker tersebut lalu gunakan kapas itu hingga menutupi seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Putih Telur dan Air Lemon

Masker komedo alami bisa terbuat dari air lemon dan putih telur.

Masker komedo selanjutnya bisa Anda buat dari putih telur dan air lemon. Putih telur memiliki sifat astringen alami sehingga membuat pori-pori mengecil dan bersih. Sedangkan air lemon bekerja untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Caranya, campurkan satu putih telur dengan 1 sdm air lemon. Setelah tercampur rata, oleskan masker tersebut pada seluruh area wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas masker dengan air dingin lalu gunakan pelembab yang biasa Anda gunakan. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Tips skincare terbaik untuk remaja yang wajib dicoba

Kayu Manis dan Madu

Tak hanya cocok dikombinasikan dengan susu, madu juga bisa Anda campurkan dengan kayu manis untuk menghilangkan komedo. Cookist mengatakan bahwa antibakteri dalam madu dan kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.

Cara membuat masker komedo ini adalah dengan mencampur 1 sdm bubuk kayu manis dan 3 sdm madu. Aduk bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

Diamkan dulu selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan masker ini dua kali dalam seminggu atau tiap dua hari sekali.

Selanjutnya: 3 Cara membuat masker tomat, bisa obati jerawat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru