Kecantikan & Kebugaran

3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

KONTAN.CO.ID - Madu memiliki rasa yang manis dan tekstur lengket. Zat ini diproduksi dan disimpan lebah di sarangnya. Dan, madu memiliki sejumlah manfaat untuk kulit dan wajah.

Dalam bentuk aslinya, madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang berkumpul untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Proses unik untuk menghasilkan madu membuatnya sangat berharga untuk penggunaan kosmetik, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi paling besar untuk diaplikasikan ke kulit. 

Baca Juga: Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami

Manfaat menggunakan madu untuk wajah

Dikutip dari Healthline, madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat bagi kulit, terutama jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat atau eksim. Bahkan, pertumbuhan berlebih jamur candida yang bisa menyebabkan infeksi bisa dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit Anda.

Madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, yang menjadikannya produk yang bagus untuk digunakan pada jerawat. 

Selain itu, madu manuka dari Selandia Baru telah dipelajari sebagai produk anti-jerawat dan terbukti jauh lebih efektif daripada produk populer lainnya. Madu manuka sangat efektif dalam menyembuhkan luka dengan cepat, sehingga sekarang digunakan oleh dokter. 

Madu juga mampu mempercepat proses penyembuhan sel kulit Anda. Jika Anda mengalami luka atau timbulnya eksim, madu yang tidak dipasteurisasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan. 

Madu mentah juga merupakan eksfoliator alami, yang berarti mengoleskannya ke wajah Anda akan menghilangkan kulit kering dan kusam dan menampakkan sel-sel kulit baru di bawahnya.

Baca Juga: Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru