kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Efek Samping Kelebihan Vitamin D, Salah Satunya Bikin Sembelit


Rabu, 06 September 2023 / 11:10 WIB
3 Efek Samping Kelebihan Vitamin D, Salah Satunya Bikin Sembelit


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

EFEK SAMPING VITAMIN D - Vitamin D yang dikonsumsi berlebihan dalam bentuk suplemen bisa menimbulkan efek samping, salah satunya sembelit. 

Vitamin D salah satu jenis vitamin yang dikonsumsi secara rutin oleh banyak orang. 

Baca Juga: Gejala dan Cara Meredakan Asam Urat di Siku

Anda jangan heran, sebab vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan memfasilitasi berbagai fungsi penting dalam tubuh. 

Mengutip dari FOOD NDTV,  hasil penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan suasana hati dan kesehatan mental dengan konsumsi vitamin D. 

Rupali Datta, konsultan ahli gizi menjelaskan bahwa hasil penelitian terbaru di bidang psikologi menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan depresi ringan sampai berat. Otak bergantung pada berbagai neurosteroid untuk perkembangan dan fungsi normal dan vitamin D muncul sebagai salah satu neurosteroid yang ditemukan di cairan tulang belakang ke seluruh otak. 

Keracunan vitamin D 

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, vitamin D tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena bisa memicu efek samping. 

Berbagai laporan menunjukkan suatu kondisi yang dikenal sebagai keracunan vitamin D atau hipervitaminosis D terjadi saat seseorang mengalami kelebihan vitamin D dalam tubuh. Umumnya, mereka mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen. 

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association (JAMA) dosis harian vitamin D yang direkomendasikan adalah 600 dan 800 IU.

Penelitian ini menunjukkan banyak orang yang melebihi rekomendasi tersebut dengan tingkat asupan berkisar 1000 sampai 400 IU bisa memicu berbagai risiko kesehatan. 

Efek samping konsumsi vitamin D berlebihan

Vitamin D yang dikonsumsi secara berlebihan dalam bentuk suplemen bisa menyebabkan hiperkalsemia atau kondisi yang ditandai dengan penumpukan kalsium berlebihan dalam aliran darah yang berpotensi menyebabkan penumpukan di arteri atau jaringan lunak. 

Berikut efek samping vitamin D jika dikonsumsi secara berlebihan: 

1. Sembelit 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D berlebihan bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut, kehilangan nafsu makan, sembelit, diare, dan berbagai masalah pencernaan. 

2. Peningkatan kadar kalsium 

Asupan vitamin D yang berlebihan bisa menyebabkan peningkatan penyerapan kalsium dalam tubuh, meningkatkan risiko masalah ginjal, masalah pencernaa, mual, dehidrasi, penurunan nafsu makan, dan masalah lainnya. 

3. Berdampak pada kesehatan mental 

Kelebihan vitamin D bisa mempengaruhi kesehatan mental seperti, kebingungan, agitasi, dan depresi. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalan Nefrologi Klinis - Studi Kasus melaporkan seorang pasien yang mengalami agitasi dan kebingungan selama dirawat di rumah sakit. Namun, gejala tersebut berangsur-angsur membaik seiring dengan normalnya kadar kalsium dalam tubuh. 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Gula Darah, Segudang Manfaat Jeruk Nipis yang Kaya Mineral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×