3 Cara Turunkan Gula Darah di Pagi Hari Buat Penderita Diabetes, Tanpa Obat!

Senin, 05 Desember 2022 | 08:40 WIB Sumber: Kompas.com
3 Cara Turunkan Gula Darah di Pagi Hari Buat Penderita Diabetes, Tanpa Obat!

ILUSTRASI. Tanpa obat, begini cara menurunkan gula darah tinggi di pagi hari buat penderita diabetes. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID -  Penderita diabetes kerap was-was dengan kadar gula darah tinggi di pagi hari. Tanpa obat, berikut ini cara menurunkan gula darah tinggi pada pagi hari buat orang-orang dengan diabetes.

Dikutip dari WebMD, saat bersiap untuk bangun di pagi hari, tubuh melepaskan gelombang hormon yang bisa bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Ini yang jadi kecemasan penderita diabetes.

Tapi, kondisi tersebut bisa memengaruhi siapa saja, bukan hanya penderita diabetes. Dan biasanya, tidak menjadi masalah karena tubuh secara alami memproduksi insulin untuk memperbaikinya. 

Kenaikan gula darah puasa pada dini atau pagi hari dikenal dengan istilah fenomena fajar atau dawn effect. Kondisi ini pada umumya terjadi antara pukul 02.00-08.00 WIB. 

Namun, tubuh penderita diabetes mungkin tidak dapat merespons dengan cara yang sama. Ini bisa menghasilkan kadar gula darah yang tinggi secara konsisten di pagi hari. 

Padahal, kenaikan kadar gula darah jika terjadi terus-menerus termasuk di pagi hari, hal itu bisa meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang. 

Baca Juga: Cocok bagi Penderita Diabetes, 4 Sayur Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah

Cara menurunkan gula darah pada pagi hari 

Beberapa cara yang bisa Anda ambil untuk menurunkan kadar gula darah pada pagi hari tanpa obat adalah melalui perbaikan gaya hidup dan perubahan pola makan. 

Jika perubahan gaya hidup sederhana tidak berhasil, penderita diabetes sebaiknya bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pendekatan terbaik guna menurunkan kadar gula darah mereka di pagi hari.

Berikut adalah beberapa cara menurukan gula darah tinggi pada pagi hari yang patut Anda pertimbangkan: 

 

1. Olahraga sore 

Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan tubuh menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif, meningkatkan pergerakan glukosa selama dan setelah berolahraga. 

Penelitian menunjukkan, olahraga akan menghasilkan regulasi insulin yang optimal. Olahraga setelah makan malam akan membuat Anda siap untuk kadar glukosa yang stabil sepanjang pagi. 

Penelitian juga menunjukkan, olahraga aerobik intensitas sedang sebelum sarapan dapat mengurangi kenaikan glukosa darah pada pagi hari pada pasien diabetes tipe 2, sebagian menangkal fenomena fajar. 

Studi yang sama juga menemukan, olahraga secara signifikan bisa mengurangi fluktuasi glukosa darah dan meningkatkan kontrol glukosa darah di seluruh tubuh setiap hari. 

Beberapa lolahraga terbaik untuk menghindari lonjakan gula darah pada pagi hari meliputi: 

  • Berjalan 
  • Yoga 
  • Renang 
  • Tai Chi 

Baca Juga: 5 Daun Ini Bisa Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Mesti Coba

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru