kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 cara mudah obati gejala tipes pada orang dewasa


Jumat, 03 Juli 2020 / 16:20 WIB
3 cara mudah obati gejala tipes pada orang dewasa


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit tipes atau tifus adalah salah satu penyakit yang cukup sering dialami manusia. Penyakit ini muncul akibat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan bakteri Salmonela.

Sering kali, penderita tipes harus menjalani perawatan di rumah sakit. Nah, sebelum terlanjur parah, gejala tipes sebenarnya bisa diobat dengan mudah. Namun, sebelum mengetahui obatnya, lebih baik Anda ketahui dulu gejala yang ditimbulkan.

Bakteri Salmonela akan menyerang usus kecil seseorang. Selanjutnya, bakteri tersebut akan menyerang bagian tubuh yang lain, seperti hati atau kantong empedu, melalui sel darah putih. Biasanya, seseorang akan merasakan demam tinggi.

Baca Juga: Yuk ingat-ingat kembali cara mencuci tangan yang benar agar tubuh tetap sehat

Dilansir dari webmd.com, selain demam, orang yang terserang penyakit tipes memiliki gejala berupa penurunan nafsu makan, sakit kepala, dan diare. Beberapa orang juga merasakan sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh.

Biasanya, orang yang terkena penyakit tipes akan diobati dengan antibiotik. Dengan perawatan yang benar, seseorang dengan penyakit tipes bisa membaik dalam kurun waktu satu hingga dua hari. Biasanya, penyakit tipes akan benar-benar sembuh setelah pasien dirawat selama kurang-lebih 10 hari.

Obat Gejala Tipes Pada Orang Dewasa
'
Jika Anda merasakan gejala tipes seperti yang telah disebutkan, penting untuk segera melakukan penanganan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.
 
1. Pisang
 
Seperti yang telah disebutkan, salah satu gejala tipes adalah diare. Obat gejala tipes pada orang dewasa bisa didapat dengan mengonsumsi pisang. Kandungan kalium dalam pisang bisa dipakai untuk pengganti elektrolit yang terkuras akibat diare.
 
2. Oralit
 
Jika Anda tidak menyukai pisang, larutan oralit bisa dijadikan pilihan untuk obat gejala tipes pada orang dewasa. Cara mendapatkannya pun cukup mudah. Larutan oralit tersedia di apotik.
 
3. Bawang Putih
 
Selanjutnya, obat gejala tipes pada orang dewasa yang bisa Anda coba adalah bawang putih. Dalam bawang putih, terdapat antimikroba. Kandungan itulah yang dapat membantu Anda menghilangkang gejala tipes.
 
 
Meski obat gejala tipes orang dewasa bisa ditemukan dengan mudah, tapi bukan berarti gejala tipes bisa langsung hilang. Jika gejala tak kunjung berkurang, atau kondisi Anda terasa semakin buruk, segera mengunjungi dokter untuk mendapat perawatan yang tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×