Tips Sehat

Yuk ingat-ingat kembali cara mencuci tangan yang benar agar tubuh tetap sehat

Rabu, 08 April 2020 | 18:29 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Yuk ingat-ingat kembali cara mencuci tangan yang benar agar tubuh tetap sehat

ILUSTRASI. Cuci tangan sebagai ilustrasi untuk kesehatan pada musim penghujan, Tangerang, Banten (9/2). KONTAN/Muradi/09/02/2009

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sadarkah Anda, tangan adalah sarang kuman pembawa penyakit. Supaya terhindar dari penyakit, Anda harus rutin cuci tangan dengan cara yang benar.

Telapak tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas kuman, lo. Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, menjelaskan, tangan merupakan sarang kuman.

Baca Juga: Tidak ingin gigi berlubang? Begini cara sikat gigi yang benar

Lo kok bisa, dari mana datangnya kuman-kuman itu?

Sehari-hari tangan Anda memegang uang, ponsel, gagang pintu, meja, dan lainnya. Dari situlah kuman menempel ke tangan Anda. Asal tahu saja, barang-barang tersebut juga jadi rumah bagi kuman-kuman.

Maka, Anda jangan mengusap hidung, mata, mulut, dan kulit wajah dengan telapak tangan. Khawatirnya, kuman-kuman yang ada di telapak tangan masuk ke dalam tubuh Anda.

Efeknya, Anda bisa terserang penyakit, seperti berjerawat, batuk, diare, hepatitis, tipes. Dokter Santi menyarankan, Anda sebaiknya rajin cuci tangan untuk menghindari risiko terkena penyakit tersebut.

Anda wajib cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan bersentuhan dengan orang sakit.  Namun, Anda jangan asal cuci tangan ya, khawatirnya kuman-kuman tersebut masih menempel di tangan.

Untuk membuat tangan steril dari kuman, Anda bisa ikuti empat langkah cuci tangan berikut:

Pertama, basahi kedua tangan menggunakan air mengalir.

Kedua, gunakan sabun atau cairan pencuci tangan. Anda harus memberi sabun kedua telapak dan punggung tangan secara bergantian. Lalu, bersihkan juga bagian sela-sela jari.

Ketiga, cuci dengan sabun kedua tangan minimal 20 detik. Anda bisa mencuci tangan sambil menyanyikan lagu Happy Birthday atau Lihat Kebunku agar tidak bosan. Asal tahu saja, lagu tersebut berdurasi 20 detik.

Keempat, bilas kedua tangan menggunakan air mengalir yang bersih. Anda bersihkan sampai tidak ada sabun yang tersisa di telapak atau punggung tangan. 

Baca Juga: Apakah Anda penderita hepatitis B? Hindari makanan ini

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru