Kesehatan Umum

3 Cara merawat kesehatan mental di tengah pandemi Virus Corona

Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara merawat kesehatan mental di tengah pandemi Virus Corona

ILUSTRASI. Olahraga jadi salah satu cara menjaga kesehatan mental saat pandemi Virus Corona.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Virus Corona memberikan beberapa dampak bagi sebagian banyak orang. Mulai dari pendapatan atau gaji bulanan yang terganggu, kehilangan pekerjaan karena PHK, atau kebijakan PSBB yang diberlakukan oleh pemerintah.

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), dampak-dampak tersebut mengakibatkan beberapa masalah kesehatan mental. Misalnya, depresi atau gangguan kecemasan. Dokter dan para ahli kesehatan lainnya merekomendasikan beberapa hal itu untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan olahraga secara rutin. Selain meningkatkan sistem imun tubuh Anda selama pandemi Virus Corona, kegiatan itu juga mampu mempertahankan kesehatan mental Anda.

Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan selama minimal 20 menit agar stres dan depresi berkurang. Selain olahraga, Anda juga bisa mencoba beberapa cara kegiatan berikut ini.

Baca Juga: Mengalami gangguan kecemasan? Coba lakukan hal ini, yuk

Jadwalkan Beberapa Kegiatan

Pandemi Virus Corona mengharuskan banyak orang untuk berdiam diri di rumah. Hal itu menyebabkan tingkat stres meningkat karena Anda tak bisa mencari hiburan seperti biasanya. Namun, Anda bisa mengatasi hal itu dengan menjadwalkan beberapa kegiatan.

Very Well Health mengatakan, cobalah untuk membuat jadwal kegiatan menyenangkan yang bisa menghibur Anda. Misalnya, menonton film, memasak, atau melakukan hobi yang selama ini tak sempat Anda lakukan.

Tetap Jalin Silaturahmi

Dampak pandemi Virus Corona lainnya adalah hubungan sosial Anda dengan orang lain menjadi terbatas. Jika diteruskan, tingkat stres Anda bisa meningkat. Anda bisa mengatasinya dengan tetap menjalin silaturahmi atau terhubung dengan orang-orang terdekat yang Anda sayangi.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang tetap dicari saat pandemi corona, bisa jadi pilihan profesi saat ini

Anda bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk tetap terhubung dengan orang lain. Misalnya, melakukan panggilan suara atau video dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di media sosial. Anda juga dapat membuat jadwal bertemu dengan teman dekat, tapi pastikan untuk tetap menaati protokol kesehatan, ya.

Belajar Menerima

Bagi sebagian orang, stres dan cemas yang dialami selama pandemi Virus Corona lebih disebabkan karena ketidakpastian yang belum bisa diterima. Maka dari itu, Very Well Health merekomendasikan Anda untuk belajar menerima. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah meditasi dan membuat jurnal.

Selanjutnya: Orangtua, 4 dampak negatif ini bisa timbul jika sering memarahi anak di depan umum

Editor: Belladina Biananda


Terbaru