Kesehatan Umum

Mengalami gangguan kecemasan? Coba lakukan hal ini, yuk

Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mengalami gangguan kecemasan? Coba lakukan hal ini, yuk

ILUSTRASI. Melakukan kegiatan relaksasi bisa jadi cara mengatasi gangguan kecemasan.

KONTAN.CO.ID - Kecemasan merupakan suatu emosi yang normal dimiliki oleh manusia. Gangguan kecemasan termasuk dalam penyakit mental di mana Anda merasa khawatir dan takut terus-menerus.

Namun, saat emosi ini tak terkendali, pengobatan dan perawatan diperlukan agar kondisi Anda tak semakin parah. Sebab, gangguan kecemasan membuat Anda merasa cemas dan takut terus-menerus.

Jika dibiarkan, kegiatan Anda sehari-hari bisa terganggu. Misalnya, Anda jadi malas bersekolah, bekerja, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat untuk tidak melakukan self-diagnosed.

Segera konsultasikan pada dokter atau terapis jika Anda merasa kesulitan untuk mengatur kekhawatiran Anda. Dokter atau terapis akan membantu Anda mencari pengobatan dan perawatan yang tepat agar gangguan kecemasan sembuh.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona

Penyebab gangguan kecemasan

Dikutip dari Web MD, ada beberapa fakto yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan. Mulai dari genetik, kondisi zat kimia dalam otak, peristiwa dalam hidup yang membuat stres atau trauma, mengonsumsi terlalu banyak alkohol, hingga kondisi medis lainnya.

Biasanya, dokter atau spesialis kejiwaan yang lain akan menguji kondisi mental Anda dengan beberapa pertanyaan. Maka dari itu, usahakan untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan secara terbuka agar dokter bisa lebih mudah menentukan pengobatan yang tepat.

Ada dua cara dalam pengobatan gangguan kecemasan, yaitu menggunakan obat dan psikoterapi. Setiap obat memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Dokter akan meresepkan obat-obat tersebut sesuai dengan kondisi Anda.

Sedangkan untuk psikoterapi, biasanya Anda akan melakukan konseling. Pada sesi konseling, gangguan yang Anda rasakan bisa Anda ceritakan pada dokter. Tentu, dokter akan membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk menghadapi kecemasan berlebihan.

Baca Juga: Simak tips menjaga kesehatan mental di tengah virus corona

Cara Mengatur Gejala Gangguan Kecemasan

Memiliki gangguan kecemasan memang membuat tubuh lelah. Namun, Anda tak boleh menyerah agar kondisi Anda tak semakin parah. Dilansir dari Web MD, sebaiknya Anda menambah wawasan tentang penyakit yang sedang dialami.

Bacalah literatur resmi dan jika ada yang tidak Anda pahami, bisa bertanya pada dokter saat konsultasi. Hal ini membuat Anda merasa jauh lebih siap saat kecemasan berlebih tiba-tiba Anda rasakan.

Jangan lupa juga, untuk terus mengonsumsi obat yang diresepkan dokter agar kondisi tak semakin parah.

Selain itu, memperbaiki pola hidup juga bisa Anda jajal. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang bisa meningkatkan kecemasan, seperti kafein.

Olahraga, cukup tidur, dan melakukan aktivitas relaksasi juga tak ada salahnya untuk Anda praktikkan.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi kelelahan kerja, tidak perlu sampai mengundurkan diri

Editor: Belladina Biananda


Terbaru