Kecantikan & Kebugaran

3 Cara mengecilkan betis yang wajib dicoba

Senin, 05 Oktober 2020 | 10:48 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara mengecilkan betis yang wajib dicoba

ILUSTRASI. Rajin olahraga bisa jadi cara mengecilkan betis. REUTERS/Ilya Naymushin TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ukuran betis yang besar sering kali membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Anda mungkin merasa tak bebas menggunakan pakaian yang membuat betis terlihat. Untuk mengatasi hal itu, cara mengecilkan betis berikut ini patut untuk dicoba.

Olahraga

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan betis berukuran besar. Mengutip dari Live Strong, beberapa penyebabnya adalah genetik atau keturunan, lemak berlebih dalam tubuh, nutrisi yang tak seimbang, duduk terlalu lama, terlalu banyak mengonsumsi garam, atau kondisi medis lainnya.

Jika ukuran betis Anda yang besar disebabkan oleh lemak berlebih, maka olahraga bisa Anda coba untuk mengatasinya. Namun, perlu diingat bahwa Anda tak bisa mengecilkan satu ukuran tubuh saja. Artinya, berat badan serta lemak berlebih dalam tubuh perlu dikurangi secara menyeluruh.

Agar ukuran betis dan bagian tubuh lain bisa berkurang secara efektif, lakukan olahraga dengan intensitas tinggi, seperti berenang atau olahraga kardio lainnya. Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai selama 30 hingga 60 menit tiap hari.

Baca Juga: 4 Cara mengecilkan paha yang aman dilakukan

Ubah Pola Hidup

Mengonsumsi makanan sehat bisa jadi cara mengecilkan betis.

Ukuran betis bisa mengecil jika lemak berlebih di bagian tubuh lain terus berkurang. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup Anda. Cobalah untuk berhenti merokok, tidak duduk terlalu lama, dan membatasi makanan-makanan tak sehat.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsilah kalori lebih sedikit daripada yang bisa Anda bakar. Mulailah untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti buah, sayur, kacang, dan makanan rendah lemak.

Baca Juga: Inilah 2 cara menurunkan berat badan secara tepat

Hindari Kegiatan yang Menyebabkan Ukuran Betis Bertambah

Cara mengecilkan betis juga bisa Anda lakukan dengan menghindari beberapa hal yang justru membuat ukuran betis bertambah. Misalnya, jangan lakukan olahraga box jumping, lompat tali, atau calf raise.

Live Strong juga merekomendasikan hal lain untuk mengurangi ukuran betis. Contohnya, mengonsumsi lebih banyak air, mengurangi sodium, dan perbanyak jalan kaki saat sudah duduk terlalu lama.

Selanjutnya: Ingin berat badan susut, ini 5 olahraga terbaik mencapainya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru