kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

23 Ucapan Hari Kanker Payudara Sedunia 19 Oktober 2023 dan Kata-kata Pejuang Kanker


Kamis, 19 Oktober 2023 / 09:16 WIB
23 Ucapan Hari Kanker Payudara Sedunia 19 Oktober 2023 dan Kata-kata Pejuang Kanker
ILUSTRASI. dok/Healthy driven chicago


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hari Kanker Payudara Sedunia diperingati setiap tanggal 19 Oktober. Ucapan Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 dan kata-kata pejuang kanker pun bisa menjadi penyemangat bagi penderita kanker di Indonesia. 

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker paling umum di dunia. Penyakit ini juga menjadi penyumbang kematian sangat banyak, termasuk di Indonesia. 

Menurut data Riskesdas, ada dua jenis kanker terbanyak di Indonesia, yaitu kanker payudara dan leher rahim.  

Pada 2018, angka kejadian tertinggi kanker payudara mencapai 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk. 

Baca Juga: Hari Kanker Payudara Sedunia 19 Oktober 2023: Sejarah dan Twibbon, Yuk Ramaikan!

Diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk. Kesadaran untuk melakukan deteksi secara dini pada masyarakat masih harus dibangun. 

Ucapan Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 bisa diunggah di media sosial untuk mengkampanyekan pentingnya deteksi dini kanker payudara. 

Pasalnya, deteksi dini menjadi salah satu upaya untuk pencegahan, terlebih kanker payudara dapat dideteksi sejak awal dan dapat dilakukan sendiri maupun di puskesmas. 

Lantas, seperti apa contoh ucapan Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 dan kata-kata pejuang kanker?

Baca Juga: 14 Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Kata-kata pejuang kanker 

Kata-kata pejuang kanker

Mempertahankan pandangan positif terbukti membantu manajemen stres. Namun, ketika seseorang mengatakan untuk "berpikir positif" atau "optimis" pada seorang penderita kanker, hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. 

Kita tahu bahwa kanker tidak selalu berwarna pelangi, dan begitu pasien memasuki pola pikir gelap, akan sulit untuk keluar dari pola pikir tersebut.

Meski demikian, sebagian besar dari kita memiliki satu pesan harapan dan inspirasi yang entah bagaimana berhasil membantu memberikan perspektif dan optimisme pada suatu situasi.

Nah, dirangkum dari laman Cure Today dan Breast Cancer Foundation, berikut adalah kumpulan kata-kata pejuang kanker:

Baca Juga: 10 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Gejala, dan Akibatnya

1. "Pesan untuk para wanita di luar sana adalah tetaplah kuat demi orang yang kamu sayangi dan jangan berkecil hati. Ini adalah perjuangan tetapi Andalah yang menentukan apa yang akan Anda ambil. Saya sangat percaya pada “Mind over Matter". Wan Musfirah Aimi (33), pejuang kanker payudara. 

2. "Mendapatkan kanker payudara adalah sebuah anugerah. Saya terdorong untuk berbagi pengalaman. Saya memohon kepada setiap wanita yang saya kenal untuk melakukan mammogram tahunan. Deteksi dini adalah kunci kelangsungan hidup." Betty Gomez, pejuang kanker payudara

3. Bagi saya tidak ada kata berhenti setelah kanker. Ingat, deteksi dini menyelamatkan nyawa. Teh Chai Neo (53), pejuang kanker payudara.

4. Kita mengalahkan kanker melalui cara kita hidup dan alasan kita bertahan hidup. Jalani hidup kita dengan cara kita sendiri, bukan dengan cara kanker mendikte hidup kita. — Stuart Scott. 

5. Kita lebih berani dari yang kita yakini, lebih kuat dari yang terlihat, lebih pintar dari yang kita kira, dan dua kali lebih cantik dari yang pernah kita bayangkan. Jangan biarkan kanker memutuskan harapan atau melupakan nilai diri kita.

Baca Juga: Kanker Payudara Bisa Menyerang Wanita dan Pria, Ini Gejala Awalnya

6. Saya menderita kanker, kanker tidak pernah menyerang saya. Kita tidak ditentukan oleh apa yang sedang kita alami. 

7. Kanker tidak akan pernah memiliki kita. Kita lebih dari sekedar penyakit yang kita muliki.

8. Kanker adalah sebuah kata. Kanker BUKAN hukuman mati. Itu hanya satu kata dalam kalimat kita; satu bagian dari hidup kita.

9. Tidak ada waktu untuk energi negatif selama kanker. Kita harus berada di sekitar orang-orang yang menginspirasi dan membuat kita lebih baik.

10. Jika kita mencintai kehidupan kita sebelum kanker, jangan takut dengan kehidupan setelah kanker. Yakinlah bahwa kita akan menemukan kembali keindahannya.

11. Pikirkan sesuatu yang baik-baik saja mengenai kanker. Pikiran buruk pasti akan menyelinap masuk, tapi jangan biarkan hal itu melemahkan kita. Fokus hanya pada pikiran yang baik.

12. Jangan pernah malu dengan bekas luka karena kanker. Itu berarti kita lebih kuat dari apa pun yang mencoba menyakiti kita. Setiap orang mempunyai bekas luka, entah kita dapat melihatnya atau tidak. Tunjukkan milik kita dengan bangga.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Tidur Penting bagi Kesehatan Ibu Hamil

Ucapan Hari Kanker Sedunia 2023 

Ucapan Hari Kanker Sedunia 2023

Sementara itu, beberapa ucapan Hari Kanker Sedunia 2023 adalah sebagai berikut: 

1. Ketika kita telah kehabisan semua kemungkinan, ingatlah ini: Kita belum melakukannya. Teruslah mencari apa yang kita cari. Kita akan menemukannya.—Thomas Edison. 

2. Hidup kita adalah kisah kita. Kita tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi pada kita, tapi kita bisa mengendalikan cara kita menanganinya. 

3. Bersyukurlah untuk hari ini. Kita di sini, bernapas dan menjalani hidup. Sekalipun itu bukan kehidupan yang kita inginkan atau harapkan, itulah hidup. Selalu ada hal yang patut disyukuri.

4. Setiap langkah kecil yang kita jalani setiap hari sangat berarti. Anda mungkin tidak mencapai tujuan Anda hari ini, tetapi tidak apa-apa.

Baca Juga: Kanker Payudara Bisa Menyerang Wanita dan Pria, Ini Gejala Awalnya

5. Saat hujan, carilah pelangi. Saat gelap, carilah bintang. Mungkin sulit untuk menemukan hikmah dibalik diagnosis kanker, tetapi hal itu ada. Jika kita mencarinya, kita akan menemukannya.

6. Kita mungkin tidak berada di tempat yang kita inginkan saat ini, namun kita hanya melakukan tarian yang disebut kehidupan.

7. Jangan pernah menyerah. Jangan pernah menyerah. Jangan pernah menyerah.

8. Jangan melihat ke belakang. Jangan buang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan. Terus melangkah.

Baca Juga: Pilihan Makanan yang Baik Buat Diabetes dan Cara Mengolahnya Agar Rendah Kalori

9. Saya bisa dan saya akan melakukannya. Tidak ada pilihan lain. Katakan pada diri kita penegasan ini setiap hari, melalui perawatan, kunjungan dokter, dan apa pun yang kita inginkan.

10. Krayon yang pecah masih berwarna. Tidak ada seorangpun yang sempurna. Jika kita merasa hancur, jangan biarkan hal itu menentukan nilai kita. Kita masih bisa melakukan banyak hal.

11. Seringkali di langit paling gelap kita melihat bintang paling terang. Cobalah dan temukan keindahan dalam situasi kita.

Demikian sejumlah ucapan Hari Kanker Sedunia 2023 dan kata-kata pejuang kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×