kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,41   -10,13   -1.11%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

18 Obat Panu Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah


Jumat, 10 Februari 2023 / 16:16 WIB
18 Obat Panu Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah
ILUSTRASI. Obat Panu Alami.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Panu yang juga dikenal dengan Pityriasis versicolor atau Tinea versicolor adalah infeksi jamur yang terbilang sangat umum. Obat panu alami pun bisa Anda coba untuk menghilangkannya.

Panu adalah infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh golongan jamur Malassezia. Gejala panu ditandai dengan bercak-bercak yang berwarna lebih terang atau gelap dari area kulit di sekitarnya.

Baca Juga: Selain Menggunakan Pakaian Penuh Keringat, Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Jamur yang menyebabkan panu mengganggu pigmentasi pada kulit, sehingga memicu perbedaan warna pada area kulit di sekitarnya. Sebagian besar panu terjadi pada pundak, punggung, leher, dan dada.

Nah, panu bisa menyerang siapa saja. Pada sebagian besar kasus, panu juga lebih sering menyerang remaja maupun anak yang lebih muda.

Anda bisa menggunakan obat panu alami di rumah untuk meredakan gejalanya. Obat alami panu bisa jadi alternatif jika Anda enggan menggunakan obat-obatan dari apotek.

Baca Juga: 4 Obat Alami yang Efektif Mengobati Penyakit Eksim

18 Obat panu alami 

Obat panu alami

Nah, berikut ini sederet obat panu alami sebagaimana dilansir dari laman Pharm Easy:

1. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat panu alami yang cukup manjur. Cuka sari apel memiliki sifat antijamur.

Anda bisa mencampurkan dua sendok makan ke dalam air hangat dan meminumnya atau mencelupkan bola kapas ke dalamnya dan mengoleskannya ke kulit Anda. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Ikuti Langkah Ini

2. Gunakan minyak pohon teh

Obat panu alami kedua yang bisa Anda coba yaitu minyak dari pohon teh. Minyak pohon teh secara alami bersifat antijamur dan antibakteri. 

Campurkan dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan pada area yang terinfeksi sekitar tiga sampai empat kali sehari. 

Minyak dari teh adalah salah satu obat alami panu yang cukup efektif dan sudah dibuktikan banyak orang. 

Baca Juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak, Coba 6 Bahan Alami Ini

3. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa bekerja sebagai agen antijamur yang manjur dan dapat menjadi obat panu alami. 

Karena mudah meresap di kulit, minyak kelapa juga berguna untuk mengobati kurap kulit kepala. Gunakan minyak kelapa pada kulit tiga kali sehari.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tinggi Wajib Tahu! Hindari 5 Pantangan Makanan Ini

4. Gunakan kunyit

Cara mengobati panu secara alami dan cepat hilang yang juga cukup manjur yaitu memakai kunyit. Kunyit adalah bahan antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat. 

Campur kunyit dengan sedikit air dan oleskan pada area yang terinfeksi. Selain itu, campuran air kunyit tersebut juga dapat dikonsumsi secara langsung. 

Ramuan ini adalah salah satu pengobatan rumah termudah untuk infeksi jamur karena kunyit mudah didapatkan di pasar.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Srikaya untuk Tubuh, Bisa Obati Cacingan dan Masalah Pencernaan

5. Makan yoghurt

Yoghurt dan probiotik lainnya memiliki banyak bakteri baik yang membantu mencegah banyak infeksi jamur. Sehingga makanan probiotik sangat cocok sebagai obat panu alami. Makanan fermentasi adalah sumber probiotik yang sangat baik. 

Baca Juga: 4 Obat Alami yang Efektif Mengobati Penyakit Eksim

6. Cuci dengan sabun dan air

Bersihkan area yang terinfeksi panu dengan sabun dan air dua kali sehari. Hal ini akan mengendalikan penyebaran infeksi panu. 

Meskipun sabun dan air mungkin tidak selalu dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya, sabun dan air membantu mengendalikan penyebaran panu dan menurunkan intensitas infeksi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Panu, Sudah Coba 6 Bahan Alami Ini?

7. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya bisa jadi alternatif cara mengobati panu secara alami dan cepat hilang. Sebagai obat panu alami, lidah buaya tidak hanya mengobati infeksi tetapi juga menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit.

8. Bawang putih

Bawang sudah lama jadi obat alami panu. Bawang putih adalah salah satu ramuan antijamur dan antimikroba yang paling ampuh. 

Mereka yang makan bawang putih secara teratur lebih terlindungi terhadap infeksi jamur. Tumbuk beberapa bawang putih dengan campuran sedikit minyak zaitun.

Untuk digunakan sebagai obat panu alami, oleskan ke area yang terinfeksi selama sekitar tiga puluh menit. 

Baca Juga: Simak, 6 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Panu dengan Cepat

9. Minyak oregano

Obat panu alami lainnya adalah minyak oregano. Campurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak lain seperti zaitun dan oleskan pada area yang terkena panu.

10. Daun mimba

Daun mimba memiliki sifat antijamur yang efektif dan sangat baik untuk kulit dan bisa digunakan sebagai obat panu alami. 

Mencuci area yang terinfeksi panu dengan air daun mimba membantu mengobati infeksi jamur. Untuk membuat air daun mimba yakni rebus daun mimba dalam air selama 2 sampai 3 menit.

Baca Juga: Pakai Bahan Alami, Berikut 5 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

11. Konsumsi makanan yang kaya akan Vitamin C

Asupan vitamin C juga merupakan obat panu alami. Vitamin C (asam askorbat) bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Hal ini dapat melindungi tubuh kita dari berbagai infeksi. Sistem kekebalan yang baik juga membantu mengobati infeksi jamur lebih cepat.

Baca Juga: Ini obat batuk herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah

12. Soda kue

Soda kue berguna untuk mengobati infeksi jamur. Mengoleskan bubuk soda kue pada kaki dan bagian dalam sepatu dapat membantu menyerap kelembapan dan keringat. 

Dengan demikian mencegah infeksi jamur menyebar. Penggunaan soda kue sebagai obat panu alami sudah digunakan sejak lama. 

Baca Juga: 9 Obat herbal untuk batuk yang bahannya mudah didapat

13. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida membantu menyembuhkan kaki yang terinfeksi jamur. Merendam kaki dalam larutan air yang dicampur dengan hidrogen peroksida secara efektif membunuh jamur. 

14. Jahe

Gingerol yang ada dalam jahe memiliki sifat antijamur yang kuat sehingga rempah ini juga cocok sebagai obat panu alami. Menambahkan jahe ke dalam makanan maupun meminum teh jahe secara efektif membantu mencegah dan mengobati infeksi jamur.

Baca Juga: Efektif Meredakan Sakit Gigi, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan

15. Madu

Madu juga merupakan salah satu pengobatan rumahan termudah untuk infeksi jamur karena mengandung hidrogen peroksida yang sangat efektif untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab infeksi kulit. 

Sebagai obat panu alami, mengoleskan madu mentah ke daerah yang terkena panu adalah solusi terbaik karena mengandung khasiat penyembuhan.

16. Ekstrak biji anggur

Penelitian membuktikan bahwa ekstrak biji anggur memiliki efek penyembuhan untuk mengobati infeksi jamur. 

Untuk digunakan sebagai obat panu alami, campurkan setetes ekstrak biji dengan beberapa tetes air dan oleskan ke tempat yang terkena dua kali sehari.

Baca Juga: Tips Biar Anak Bisa Fokus Saat Belajar

17. Bubuk licorice

Licorice secara alami diberikan sifat anti-inflamasi atau anti-mikroba dan oleh karena itu sangat cocok untuk mengatasi infeksi jamur. Untuk menggunakannya jadi obat panu alami, tambahkan licorice bubuk ke dalam secangkir air dan didihkan.

Setelah beberapa menit, biarkan mendidih. Setelah menjadi seperti pasta, biarkan dingin dan oleskan campuran tersebut ke kulit yang terinfeksi jamur dua kali sehari.

Baca Juga: Pakai Bahan Alami, Berikut 5 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

18. Minyak sereh

Obat panu alami terakhir yang bisa Anda coba di rumah adalah sereh. Sereh juga sarat dengan sifat anti-mikroba sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk mengobati infeksi jamur. 

Cara menggunakan sereh sebagai obat alami panu, yakni campurkan minyak sereh dengan minyak lain. Lalu, oleskan pada daerah yang terinfeksi jamur dengan bola kapas atau kapas dua kali sehari.

Itulah sederet obat panu alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Beberapa obat alami panu ini sangat mudah dibuat dan bahannya tersedia dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×