Reproduksi dan Seks

12 Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Selasa, 18 Mei 2021 | 14:34 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
12 Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

ILUSTRASI. Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

KONTAN.CO.ID - Kaki bengkak seringkali dialami oleh ibu hamil seiring dengan usia kehamilan yang semakin bertambah besar. Berikut ini cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Jangan khawatir, sebab kaki bengkak selama hamil sebenarnya wajar. Meski begitu, kaki bengkak saat hamil bisa terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian. 

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil? 

Cara menegatasi kaki bengkak saat hamil

Dikutip dari laman Healthline, berikut cara mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1. Kurangi asupan natrium

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang pertama adalah membatasi asupan natrium (atau garam). Garam membuat tubuh menahan air. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan kalengan atau olahan, karena sangat tinggi natrium. 

2. Tingkatkan asupan kalium

Tidak mendapatkan cukup asupan kalium juga dapat memperburuk pembengkakan, karena kalium membantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan yang ditampungnya.

Beberapa makanan yang secara alami tinggi kalium meliputi kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang-kacangan, beberapa jus buah (khususnya prune, delima, jeruk, wortel, dan markisa), yogurt, buah bit, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 4 Cara menaikkan Hb pada ibu hamil secara alami

3. Kurangi asupan kafein

Kafeina bersifat diuretik, yang menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak, yang kemudian membuat tubuh berpikir perlu menahan cairan dan menyebabkan pembengkakan. 

4. Minum lebih banyak air

Selanjutnya, cara mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah dengan minum lebih banyak air. Jika tubuh mengira Anda dehidrasi, ia akan menahan lebih banyak cairan untuk mencoba mengimbanginya.

Jadi cobalah minum setidaknya 10 gelas air setiap hari untuk menjaga tubuh terhidrasi. 

5. Istirahat dengan menaikkan kaki

Duduk dan berdiri terlalu lama saat hamil besar dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Untuk itu, istirahatkan kaki dengan mengangkatnya ke atas agar cairan yang terkumpul bisa mengalir kembali dan mengurangi pembengkakan. 

6. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman

Mengenakan pakaian ketat, terutama di sekitar pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, dapat memperparah pembengkakan. Sebab dapat membuat sirkulasi darah terhambat. 

Cobalah kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. 

Baca Juga: Ini 4 manfaat kacang hijau yang tak boleh Anda lewatkan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru