kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Jarang Diketahui


Sabtu, 18 Februari 2023 / 16:15 WIB
11 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Jarang Diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Durian adalah salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Musim durian pun menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh penggemar buah tropis tersebut. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat durian untuk kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat. 

Durian adalah buah tropis yang unik. Buah durian populer di Asia Tenggara dan dikenal sebagai "raja buah". 

Durian tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Ada beberapa varietas, tetapi yang paling umum adalah Durio zibethinus

Selain itu, durian juga mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan memiliki aroma yang kuat. Kandungan nutrisi tersebut membuat ada sejumlah manfat durian untuk ibu hamil maupun manfaat durian untuk pencernaan. 

Lantas, apa saja manfaat durian untuk kesehatan dan efek sampingnya? 

Baca Juga: Gejala Darah Tinggi Yang Wajib Diwaspadai, Cek Obat Penurun Darah Tinggi Di Apotik

Manfaat durian untuk kesehatan

Manfaat durian dan efek sampingnya

Hampir semua bagian tanaman durian seperti daun, akar, dan buah telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Di Malaysia, manfaat durian untuk kesehatan digunakan sebagai obat berbagai penyakit. 

Termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan penyakit kulit. Dirangkum dari Healthline dan laman resmi BPPSDMP Kementerian Pertanian, berikut adalah manfaat durian untuk kesehatan:   

1. Mengurangi risiko kanker 

Manfaat durian untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker. Sebab, durian mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. 

Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah strain sel kanker payudara menyebar.

Baca Juga: Ini Efek Samping Makan Durian untuk Kesehatan Tekanan Darah

2. Pencernaan yang lebih sehat

Manfaat durian untuk pencernaan yakni bisa memperlancar buang air besar atau meredakan sembelit. Hal ini lantaran buah durian mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kerja organ pencernaan secara optimal. 

3. Melawan infeksi 

Manfaat durian untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa melawan infeksi. Kulit buah durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti ragi yang membantu melawan infeksi. 

Baca Juga: Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

4. Mengatur kadar gula darah

Berikutnya manfaat durian untuk kesehatan yakni bisa mengatur kadar gula darah. Buah durian dapat membantu mengatur kadar gula darah berkat kandungan mangan di dalamnya.

5. Solusi agar tidak mudah capek 

Manfaat durian untuk kesehatan salah satunya adalah menjadi solusi agar tidak mudah capek. Sebab, dalam 100 gram durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21%. 

Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan saat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.

Baca Juga: Diversifikasi Negara Tujuan Akan Perkuat Kinerja Ekspor dan Pertumbuhan Ekonomi RI

Manfaat durian dan efek sampingnya

6. Penangkal depresi secara alami

Manfaat buah durian untuk kesehatan juga bisa menjadi penangkal depresi secara alami. Sebab, buah durian mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotonin inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang Anda.

7. Nutrisi bagi tulang dan gigi

Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi. Sehingga, memberikan nutrisi bagi tulang dan gigi menjadi salah satu manfaat durian untuk kesehatan. 

Baca Juga: Catat! Kenali Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Alergi Obat

8. Kulit lebih awet muda

Selanjutnya, bisa membuat kulit lebih awet muda juga menjadi salah satu manfaat durian untuk kesehatan. Sebab, buah durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. 

Vitamin C inilah yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah.

9. Membantu menjaga fungsi tiroid 

Durian merupakan sumber yang baik dari zat tembaga. Zat tembaga juga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam hal produksi dan penyerapan hormon. 

Kelenjar tiroid berfungsi dalam mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi. Sehingga, manfaat durian untuk kesehatan salah satunya bisa menjaga fungsi kelenjar tiroid. 

Baca Juga: 5 Makanan Berikut Bisa Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

10. Membantu meredakan migrain 

Salah satu manfaat durian untuk kesehatan yakni bisa membantu meredakan migrain karena mengandung riboflavin. Riboflavin adalah vitamin B yang terkandung dalam durian, yang dapat membantu meringankan rasa sakit kepala akibat migrain.

11. Solusi anemia (kurang darah)

Selain beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan seperti dijelaskan dalam poin-poin di atas, ternyata ada manfaat durian untuk ibu hamil. 

Durian mengandung folat, tembaga serta zat besi yang berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Selain itu, folat juga menjadi mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin. 

Sehingga, manfaat durian untuk ibu hamil yakni dapat mencukupi kebutuhan asam folat harian. 

Baca Juga: Anda Mabuk Durian? Ini 5 Tips Mengatasi Mabuk Durian yang Bisa Anda Coba

Efek samping makan durian


Manfaat durian dan efek sampingnya

Meski durian memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, tetap ingat untuk tidak memakan buah ini secara berlebihan. Sebab, ada efek samping durian jika dikonsumsi  secara berlebihan. 

Dirangkum dari laman BPPSDMP Kementerian Pertanian, berikut adalah beberapa efek samping makan durian: 

1. Meningkatkan tekanan darah

Buah durian mengandung senyawa alkohol (ethanol, methanol, ethyl metacrylate) dan berbagai senyawa sulphur. Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. 

Jadi, bagi pengidap hipertensi dan penyakit penyertanya seperti jantung koroner, stroke, atau gangguan ginjal, mengkonsumsi durian berlebih bisa berdampak buruk terhadap penyakit yang dideritanya. Sehingga disarankan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Diabetes Ini Sering Diabaikan, Cek Buah Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

2. Tinggi glukosa 

Selanjutnya, kandungan lemak dan glukosa dalam durian juga cukup tinggi. Lemak dalam buah sebetulnya merupakan lemak tidak jenuh, non kolesterol. 

Namun, pada kondisi buah yang sangat matang, glukosa akan berubah menjadi alkohol. Alkohol dan glukosa tinggi inilah yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. 

Jadi bagi pengidap penyakit diabetes atau kencing manis juga perlu berhati – hati untuk mengkonsumsi buah durian.

Baca Juga: Ada Darah Dalam Urine? Waspada 8 Gejala Penyakit Batu Ginjal

3. Tinggi kalori 

Kandungan durian yang perlu diwaspadai adalah kalorinya. Setiap 100 gram durian memiliki kalori sekitar 120-180 kalori. Satu durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600 – 900 kalori.

Bila Anda memakan empat buah durian itu, maka tubuh Anda akan mendapatkan ledakan energi instan sebesar 2.400 -3.600 kalori, jauh melebihi kebutuhan harian rata-rata. 

Oleh karena itu, bila Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Sehingga harus berhati-hati bila mengonsumsi durian.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan dan Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat, Mudah Didapat

4. Rasa panas setelah makan durian

Kandungan kalori yang tinggi dalam durian menyebabkan pembakaran yang berlebihan dalam tubuh sehingga menimbulkan manifestasi terasa panas dalam tubuh. Efek samping ini akan muncul jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Namun, bagi Anda penggemar durian tidak usah khawatir akan efek samping makan durian asalkan dapat mengontrol dan ”membatasi” pola konsumsi sesuai dengan kondisi fisik kita. 

Baca Juga: Musim Durian Tiba, Apakah Durian Mengandung Kolesterol?

Disarankan tidak mengkonsumsi durian bersamaan dengan alkohol, tape, kopi, karena dapat berdampak tidak baik terhadap tekanan darah. Sebaliknya banyak minum air putih setelah Anda mengkonsumsi durian. 

Makan durian memang terasa nikmat, namun jangan sampai kenikmatan tersebut merusak nikmat sehat yang Anda rasakan sekarang. Demikian sejumlah manfaat durian untuk kesehatan, ibu hamil, maupun pencernaan. 

Namun, meski durian memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, tetap ingat untuk tidak memakan buah ini secara berlebihan. Sebab, ada efek samping durian jika dikonsumsi  secara berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×