Ini Efek Samping Makan Durian untuk Kesehatan Tekanan Darah

Senin, 23 Januari 2023 | 09:17 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Efek Samping Makan Durian untuk Kesehatan Tekanan Darah

ILUSTRASI. Makan buah durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.


KONTAN.CO.ID - Apakah makan durian bisa menyebabkan darah tinggi? Pertanyaan ini kerap muncul bagi orang yang punya masalah hipertensi, saat musim durian tiba.

Seperti diketahui, durian adalah salah satu buah yang digemari sebagian orang. Buah musiman ini memiliki rasa manis, sedikit pahit, teksturnya creamy, dan aromanya sangat khas. 

Nah, untuk mengenal lebih dekat efek samping makan durian pada kesehatan tekanan darah, simak penjelasan berikut ini. 

Apakah durian bisa menyebabkan darah tinggi? 

Makan buah durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi, asalkan porsinya tidak berlebihan. 

Dilansir dari National Nutrition Council Philippines, mitos durian bisa menyebabkan darah tinggi berasal dari anggapan durian tergolong buah yang “panas”, sehingga bisa meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah. 

Namun, mitos tersebut telah dipatahkan lewat penelitian dan penjelasan dari ahli gizi. Menurut studi Effects of Durian Intake on Blood Pressure and Heart Rate in Healthy Individuals oleh tim peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia, orang sehat yang makan durian kurang dari 250 gram, tekanan darahnya tetap sama. 

Namun, apabila orang makan durian sampai lebih dari 500 gram, tekanan darahnya akan sedikit naik selang setengah sampai dua jam setelah makan buah ini. 

Baca Juga: Cara Sarapan untuk Menurunkan Darah Tinggi, Cek 5 Obat Hipertensi di Apotikdi H

Menurut ahli, lonjakan tekanan darah setelah makan durian tidak terlalu signifikan lantaran kandungan durian yang memiliki kalium atau potasium tinggi. 

Ahli menengarai, kenaikan tekanan darah setelah makan durian dalam porsi yang berlebihan tingginya kandungan gula dalam durian. 

Tak hanya makan durian, sebenarnya orang yang makan asupan tinggi gula secara berlebihan seperti minuman manis, donat, soda, atau aneka kue hidangan penutup juga bakal merasakan tekanan darahnya naik. 

Senada dengan hasil penelitian pada 2015 di atas, ahli gizi Dr. Teresita Ungson menyebutkan, makan durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi melonjak asalkan porsinya tidak berlebihan. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Gula Darah Rendah Pagi Hari, Cek Tabel Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Namun, ia mewanti-wanti buah ini memiliki banyak gula, lemak, dan tinggi kalori. Sehingga, Anda sebaiknya tidak berlebihan makan durian. 

Kandungan gizi durian 

Dilansir dari Fatsecret, kandungan gizi durian per 100 gram yakni: 

- Kalori: 147 kkal 
- Lemak: 5,33 gram 
- Kolesterol: 0 miligram 
- Protein: 1,47 gram 
- Karbohidrat: 27,09 gram 
- Serat: 3,8 gram 
- Sodium: 2 miligram 
- Kalium atau potasium: 436 mikrogram 

Meskipun Anda tidak perlu khawatir lagi apakah durian menyebabkan darah tinggi, tapi ingat, hindari makan buah ini secara berlebihan karena bisa membuat gula darah melonjak dan menaikkan tensi. 

Jika Anda sedang diet mengurangi kalori atau penderita diabetes, cukup makan satu atau dua butir buah durian. Dengan begitu, Anda tetap bisa memetik manfaat kandungan durian yang baik untuk tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Durian Bisa Menyebabkan Darah Tinggi? Cek Kandungan Gizinya…"
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru