11 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

Kamis, 19 Januari 2023 | 11:34 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
11 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

ILUSTRASI. Makanan Penurun Kolesterol


KONTAN.CO.ID - Makanan penurun kolesterol penting untuk diketahui bagi penderita kolesterol tinggi. 

Makanan penurun kolesterol ini sangat baik dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Sebenarnya, tubuh manusia membutuhkan kolesterol.

Namun, jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat merusak kesehatan terutama terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Untuk itu, selain menggunakan obat penurun kolesterol kita juga dianjurkan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Seperti menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol serta mengonsumsi makanan penurun kolesterol. 

Lantas, apa saja makanan penurun kolesterol yang sebaiknya dikonsumsi? 

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

Makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol

Dirangkum dari laman Harvard Health Publishing dan Kementerian Kesehatan, berikut adalah sejumlah makanan penurun kolesterol: 

1. Oat

Makanan penurun kolesterol yang bisa dicoba adalah oat yang berasal dari gandum utuh. Oat mengandung serat larut yang terbukti mampu mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. 

Ketika masuk ke dalam tubuh, serat larut berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Catat!

2. Biji-bijian 

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, gandum maupun chia seed juga termasuk dalam makanan untuk menurunkan kolesterol. Jenis makanan ini kaya akan vitamin, mineral, protein, lemak sehat, antioksidan, serta serat larut yang disebut beta-glukan. 

Sehingga, biji-bijian ini baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran cerna. Selain bisa menjadi makanan penurun kolesterol, biji-bijian juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Kacang-kacangan 

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, edamame, buncis, lentil, almond, maupun kacang kenari. Kacang-kacangan sangat kaya akan serat larut.

Mereka juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang membuat kita merasa kenyang lebih lama setelah makan. Sehingga, kacang-kacangan juga bagus untuk diet.  

Baca Juga: Meningkatkan Gairah Seks, Ini 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

4. Terong dan okra

Terong dan okra juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik. 

5. Bayam 

Bayam juga menjadi pilihan yang baik sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Bayam memiliki banyak lutein, yang merupakan pigmen sinar matahari kuning yang ditemukan dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau gelap. 

Lutein memiliki reputasi besar dalam menjaga mata agar terhindar dari degenerasi makula, penyebab utama kebutaan.

Disarankan untuk mengonsumsi setengah cangkir makanan kaya lutein setiap hari agar tubuh terlindung terhadap serangan jantung. Sebab, lutein membantu dinding arteri melepaskan setiap kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga: Simak! 6 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Alpukat

Makanan penurun kolesterol

Alpukat merupakan makanan penurun kolesterol yang baik untuk jantung. Buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik sambil menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL. 

Alpukat juga memiliki beta-sitosterol, yang merupakan lemak nabati untuk menurunkan kolesterol yang diserap dari makanan. Dengan kombinasi zat ini dengan lemak tak jenuh tunggal, alpukat sangat baik sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

7. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk

Apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Buah ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

Baca Juga: Alergi Dingin: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

8. Bawang putih dan bawang merah

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah bawang putih dan bawang merah. Bawang putih akan menjaga darah agar bebas dari kolesterol jahat.

Cara mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol yakni didihkan bawang putih dalam minyak zaitun kemudian konsumsilah dengan roti atau makanan lain yang rendah kolesterol.

Sementara bawang merah mengandung antioksidan. Meski kedua bawang ini biasa menjadi bumbu dalam masakan namun bawang mentah memiliki kadar nutrisi tertinggi yang baik untuk jantung sehat.

Baca Juga: 4 Alasan Alpukat Baik dan Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes Tipe 2

9. Kedelai

Makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah kedelai atau makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe, maupun susu kedelai. 

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari atau dua setengah cangkir susu kedelai dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

10. Ikan yang mengandung lemak sehat

Ikan yang mengandung lemak sehat juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. 

Sebab, makan ikan bisa mengganti konsumsi daging dan memberikan tubuh asupan lemak omega-3. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah, menjaga kadar kolesterol baik (HDL), dan melindungi kesehatan jantung.

Baca Juga: Waspada! 7 Gejala HIV yang Penting Untuk Diketahui dan Diwaspadai

11. Jamur

Terakhir, makanan penurun kolesterol adalah jamur. Jamur merupakan pilihan yang cocok sebagai makanan bebas kolesterol. 

Jamur bisa menjadi makanan untuk penderita kolesterol tinggi asal tidak dicampur bahan yang mengandung lemak dalam penyiapan ataupun penyajiannya. 

Demikian sejumlah makanan penurun kolesterol yang baik dikonsumsi dan dijadikan menu sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru