kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Secara Alami, Enak dan Mudah Didapat


Minggu, 17 September 2023 / 12:30 WIB
11 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Secara Alami, Enak dan Mudah Didapat


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Kolesterol yang berlebih akan menimbulkan penyakit yang bisa mengganggu kebugaran tubuh. Beberapa makanan dapat membantu menurunkan koelsterol yang tinggi.

Agar tetap normal, penderita kolesterol tinggi wajib mengontrol asupan makanan mereka. Ada berbagai jenis makanan pantangan yang perlu dihindari agar kadar kolesterol tidak melonjak. 

Selain menghindari makanan pantangan, kadar kolesterol tinggi bisa diturunkan menggunakan obat-obatan atau dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. 

Merangkum situs Rumah Sakit Siloam, berikut ini daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Minimal IPK dan Jurusan di Rekrutmen Prajurit Karier TNI 2023 Buat Lulusan D4-S1

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang mampu membuat masakan menjadi lebih lezat. 

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahan masakan yang satu ini juga mengandung senyawa alicin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah stabil.

Beras Merah

Beras merah termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol karena mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah. 

Selain itu, tingginya kandungan serat pada beras merah juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Sayuran hijau

Sayuran penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi penderita kolesterol tinggi adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. 

Sayuran hijau memiliki antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga akumulasi kolesterol dalam darah dapat dikurangi. 

Tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, sayuran hijau juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang lezat dan cukup mudah didapatkan. Pisang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil.

Buah pisang juga dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Jus buah ini merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Melonjak Naik Dilihat dari Kaki, Perhatikan Gejalanya Ini

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan makanan penurun kolesterol sebab memiliki kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi yang berkaitan dengan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Jika Anda sedang diet, Anda mungkin bisa membatasi asupannya karena coklat memiliki kalori yang cukup tinggi.

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai makanan yang boleh Anda konsumsi.

Kedelai

Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang dapat diolah menjadi berbagai bahan makanan, seperti tempe, tahu, tepung kedelai, hingga susu. 

Kedelai dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung isoflavon yang berperan dalam menekan kadar kolesterol jahat.

Ikan salmon

Ikan salmon memiliki daging yang lembut dan lezat dikonsumsi. Selain itu ikan ini dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida. Usahakan untuk tidak menggunakan minyak saat memasak ikan salmon agar Anda bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

Anda pun dapat memilih jenis ikan lainnya apabila tidak menemukan ikan salmon. Pilihlah ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 seperti sarden, tuna, makarel, dan ikan kembung. 

Asam lemak omega-3 ini memiliki fungsi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Khasiat Daun Sirih Buat Tubuh, Bisa Turunkan Gula Darah Hingga Cegah Kanker

Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi apabila Anda berencana menurunkan berat badan dan juga kolesterol.

Serat larut air jenis beta-glukan yang terdapat pada gandum ini dapat menjaga metabolisme agar tubuh tetap sehat.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kenari termasuk dalam makanan penurun kolesterol tinggi.

Hal ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Buah alpukat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Buah ini kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta nutrisi fitosterol yang dapat mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh cenderung rendah bila dikonsumsi dengan rutin.

Buah beri

Selain pisang dan alpukat, jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol adalah buah beri.

Buah beri merupakan jenis buah-buahan yang mengandung indeks glikemik rendah. Artinya, tidak hanya kolesterol, tetapi buah beri juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selanjutnya: Akseleran: Peralihan Pengguna Kartu Kredit Dipicu Kemudahan Fintech Lending

Menarik Dibaca: Intip Fitur WhatsApp Channel yang Baru Rilis Beserta Cara Akses

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×