11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat

Rabu, 01 Februari 2023 | 12:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Mudah Didapat


KONTAN.CO.ID - Buah dan sayur memiliki senyawa-senyawa yang berkhasiat menggelontorkan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Untuk itu, ada beberapa jenis jus penurun kolesterol yang bisa dicoba oleh Anda penderita kolesterol tinggi. 

Jus penurun kolesterol dari buah-buahan maupun sayuran ini pun mudah dan murah untuk dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar, swalayan, warung, maupun di halaman rumah. 

Jus penurun kolesterol ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kolesterol tinggi selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter. 

Lantas, apa saja jus penurun kolesterol tinggi? 

Baca Juga: Apa Itu Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil? Kenali Tanda dan Cara Pencegahannya

11 Jus penurun kolesterol tinggi

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah jus penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda coba:

1. Jus jeruk 

Jus penurun kolesterol

Jus penurun kolesterol yang pertama adalah jus jeruk. Semua keluarga jeruk kaya akan vitamin C dan merupakan penurun kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. 

Dikutip dari buku "Terapi Jus untuk Kolesterol Plus Ramuan Herbal" oleh Yuni Harlinawati, jenis jus jeruk ini mengandung betakaroten dan bioflavonoid yang memperkuat dinding-dinding pembuluh darah kapiler. Selain itu, kandungan pektin yang terdapat pada juring jeruk juga membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. 

Baca Juga: Ini Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Madu untuk Kesehatan

Jeruk juga mengandung flavonoid yang menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. 

Kadar gula yang tinggi juga membuat jeruk berkhasiat memulihkan energi dengan cepat. Sehingga, bagi penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi jeruk. 

Bagi penderita maag, kurangi juga konsumsi jeruk atau buah lainnya yang memiliki rasa asam. 

Baca Juga: Yuk Simak 7 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh, Catat!

2. Jus nanas

Jus penurun kolesterol

Jus penurun kolesterol selanjutnya adalah jus nanas. Nanas dapat menstabilkan tekanan darah karena mengandung kalium. Vitamin C dalam buah nanas juga berperan sebagai antioksidan. 

Selain itu, kandungan enzim bromelin nanas berfungsi sebagai penurun kolesterol darah hingga bisa mencegah aterosklerosis. Bromelin diibaratkan sebagai deterjen pencuci yang merontokkan endapan lemak darah pada dinding arteri. 

Namun, nanas memiliki rasa yang cukup manis karena kandungan gulanya cukup tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

Baca Juga: 4 Manfaat Teh Pare untuk Kesehatan, Hanya Rebus Selama 10 Menit

3. Jus pepaya

Jus penurun kolesterol

Berikutnya, jus penurun kolesterol adalah jus pepaya. Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C serta betakaroten dan asam folat yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Penelitian membuktikan orang yang rajin makan pepaya lebih tahan terhadap risiko penyakit lambung akibat stres. Pepaya juga bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Kandungan pektin di dalamnya akan meredam kolesterol jahat, selain mengusir radikal bebas. Kandungan senyawa papain, papayotimin, dan kemopapin mampu meningkatkan kerja empedu sehingga metabolisme lemak meningkat. 

Baca Juga: Sudah Tahu 8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan? Yuk Simak!

4. Jus semangka, wortel, dan jeruk 

Jus penurun kolesterol

Kombinasi jus semangka, wortel, dan jeruk juga menjadi salah satu jus penurun kolesterol. Sebab, semangka memiliki khasiat khusus untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sementara, wortel mengandung vitamin A, B, C dan flavanoid yang berperan untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Apa Saja Minuman yang Baik dan Buruk untuk Asam Lambung? Cek di Sini

5. Jus wortel 

Jus penurun kolesterol

Salah satu jus penurun kolesterol adalah jus wortel. Wortel mengandung  serat, karbohidrat, protein, gula, natrium, kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin K, folat, antosianin, beta-karoten, polifenol, likopen, lutein, zeaxanthin, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin C, dan kolin.

Kandungan kalium yang terdapat di dalam wortel dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sedangkan serat dan antioksidannya sangat baik untuk mengikat kolesterol jahat (LDL) dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. 

Oleh karena itu, jus wortel merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

6. Jus alpukat 

Jus penurun kolesterol

Jus alpukat adalah salah satu jus penurun kolesterol yang bisa dicoba. Kandungan gizi yang terdapat pada buah alpukat begitu banyak. 

Di antaranya karbohidrat, serat, protein, lemak, magnesium, kalium, lutein, folat, dan vitamin (A, B, C, K, E, dan K). Selain itu, kandungan kalium juga dapat membantu peran serat dan lemak baik, karena dapat membantu untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

7. Jus buah pir 

Jus penurun kolesterol

Dirangkum dari laman Gramedia, buah pir memiliki kandungan lemak, karbohidrat, zat besi, natrium, serat, protein, vitamin B3 Niacin, vitamin B2 Riboflavin, dan lainnya. 

Buah yang kulitnya berwarna kuning keputihan atau hijau muda ini juga menyimpan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan-kandungan tersebut menjadikan buah pir untuk berfungsi dalam mengurangi kekakuan jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan meningkatkan kolesterol baik HDL. 

Jenis serat yang terkandung di dalam buah adalah pektin yang diyakini dapat mengikat kolesterol jahat serta mengangkutnya keluar dari dalam tubuh.

Baca Juga: Sudah Tahu 6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan? Yuk Simak!

8. Jus kelor

Jus penurun kolesterol

Kemudian, jus penurun kolesterol paling cepat adalah jus kelor. Daun kelor kini dikenal luas sebagai tumbuhan yang memiliki khasiat yang ampuh untuk kesehatan.

Di dunia kesehatan Barat, daun kelor dijuluki sebagai miracle tree. Julukan tersebut lantaran begitu banyak kandungan nutrisi dan senyawa yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Buah Penurun Kolesterol, Cek Juga Obat Kolesterol Di Apotik

Kandungan vitamin C tujuh kali lipat dari jeruk, kalsium empat kali lipat dari susu, empat kali vitamin A dari wortel, tiga kali potassium dari pisang, dan dua kali protein dari susu. Efek penurunan kolesterol jahat oleh daun kelor sangat cepat. 

Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan serat yang dapat mengikat lemak jahat sehingga mengurangi kadarnya di dalam aliran darah.

Cara membuat jus kelor cukup mudah. Kalian bisa membuatnya dengan bubuk kelor yang sudah diekstrak atau membuat jus dengan blender. 

Baca Juga: Mencegah Diabetes Tipe 2, Ini Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

9. Jus pisang 

Jus penurun kolesterol

Selanjutnya, jus pisang adalah salah satu jus penurun kolesterol. Sebab, pisang mengandung serat, karbohidrat, protein, lemak, kalium, folat, vitamin C, kolin, magnesium, katekin, dopamin, serta beberapa nutrisi dan senyawa lainnya.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Collefe of Cardiology, disebutkan bahwa diet kalium tinggi dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi serta membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu, di dalam buah pisang sendiri kalium yang terkandung bisa mencapai 9% sendiri dari kebutuhan harian. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah merupakan langkah yang tepat.

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah tinggi Hingga Kolesterol, Ini Manfaat Mengkudu

10. Jus campuran tomat dan buah semangka 

Jus penurun kolesterol

Kemudian, jus penurun kolesterol adalah jus campuran tomat dan buah semangka. Tomat sudah lama dikenal sebagai buah ramah jantung karena memiliki antioksidan tinggi, yang disebut likopen.

11. Jus campuran seledri, apel, dan jahe

Resep jus penurun kolesterol berikutnya yakni jus campuran selederi, apel, dan jahe. Seledri baik dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi karena mengandung zat fitosterol yang mencegah endapan kolesterol di dinding pembuluh darah manusia.

Jus penurun kolesterol tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin dan juga dibarengi dengan diet makanan berlemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru