kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak nyaman bertubuh kurus, ini cara menggemukkan badan


Selasa, 24 April 2018 / 16:20 WIB
Tak nyaman bertubuh kurus, ini cara menggemukkan badan
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak semua orang nyaman memiliki tubuh kurus atau langsing. Sebagian orang kerap kesulitan untuk menambah berat badannya, sehingga memiliki tubuh yang terlalu kurus.

Lalu, bagaimana cara menggemukkan badan yang tepat dan sehat? Simaklah ulasan berikut ini, yang dikutip dari laman Alodokter.

Berat badan kurang sama berbahayanya dengan kelebihan berat badan. Jika kamu sangat kurus dan berniat menambah berat badan, maka fokuslah pada kandungan gizi makanan yang dikonsumsi.

Ingat pula. seberapa sering kamu makan, kapan waktu yang tepat untuk makan, dan kapan mengonsumsi camilan.

Berikut ini adalah cara menggemukkan badan secara alami dan sehat.  

1. Makan lebih sering Bila berat badan kamu kurang, mungkin kamu terbiasa merasa lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, cara menggemukkan badan yang baik adalah dengan makan lebih sering. Makanlah 5-6 kali dalam sehari, namun dengan porsi kecil. Cara ini lebih baik dibanding makan tiga kali dalam porsi besar.

2. Cermat dalam memilih makanan Jika ingin menambah berat badan, kamu harus lebih cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang kaya nutirisi. Misalnya, roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan, sayur-sayuran, produk olahan susu, sumber protein tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

3. Menyantap makanan berlemak baik Lemak tak jenuh mengandung kalori yang tinggi dan baik untuk tubuh. Jenis lemak ini dapat membantu menambah berat badan, tanpa menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan.

Contoh makanan tinggi lemak tak jenuh adalah alpukat dan kacang-kacangan. Kamu bisa menambahkan alpukat ke dalam sepotong roti, atau bisa menjadikannya camilan di sore hari.

4. Minum susu Minum susu adalah cara untuk mendapatkan banyak protein dan kalori yang berkualitas tinggi.

5. Aturan makan Untuk menggemukkan badan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan berkalori dan berprotein terdahulu, lalu setelahnya barulah mengonsumsi sayuran.

6. Rutin berolahraga Olahraga, terutama yang melatih kekuatan tubuh, dapat membantu menambah berat badan dan membentuk otot. Selain itu, olahraga juga bisa merangsang nafsu makan.

7. Tidak merokok Perokok cenderung memiliki berat badan yang kurang, dibanding dengan yang tidak merokok. Maka, jika kamu ingin menggemukkan badan, maka disarankan untuk berhenti merokok.

8. Cukup tidur Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan otot. Ini juga merupakan salah satu cara menggemukkan badan.

9. Jauhi junk food Ketika kamu ingin menggemukkan badan, ada baiknya untuk menjauhi makanan cepat saji atau  junk food. Meski bisa menambah berat badan, makanan ini tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perlu diingat, cara menggemukkan berat badan tidak ada yang instan. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang sehat.

Menentukan berat badan ideal juga perlu sesuai dengan indeks massa tubuh. Jika kamu telah menerapkan cara menggemukkan badan secara alami di atas, namun berat badan belum juga bertambah, sebaiknya berkonsultasi pada dokter. (Glori K. Wadrianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yuk, Gemukkan Badan Secara Alami"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×